10 Buah Penurun Kolesterol Tinggi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kolestrol nampaknya menghantui siapa saja, apalagi bagi yang menderita kolestrol tinggi pasti mencari berbagai cara agar kolestrolnya kembali ke kadar yang normal. Meski susah, apa salahnya jika semua perjuangan dilakukan.

Sebenarnya ada cara alami yang cukup mudah untuk menurunkan kadar kolestrol yang terlalu tinggi yaitu dengan mengonsumsi beberapa buah yang dipercaya dapat menurunkan kadar kolestrol yang tinggi. Meski efeknya lebih lambat dibandingkan obat penurun kolestrol. Memakan buah tersebut bisa anda coba karena caranya yang mudah. Berikut ada 10 buah-buahan yang termasuk dalam penurun kolestrol tinggi:

  1. Jambu biji merah

Jambu biji khususnya yang berwarna merah dapat anda konsumsi untuk menurunkan kolestrol tinggi. Dalam sebuah penelitian menyebutkan dengan minum jus jambu merah selama 2 bulan dengan dosis yang benar dapat menurunkan kolestrol sampai 53% dari 83% kolstrol LDL. Hal tersebut terjadi karena kandungan antioksidan flavonoid dalam jambu biji mampu menurunkan kolestrol jahat LDL dan trigliserida.

  1. Buah anggur

Seperti halnya jambu biji, buah anggur juga mengandung flavonoid yang ampuh menurunkan kolestrol jahat LDL. Hebatnya buah anggur ini juga mampu menaikkan kolestrol baik atau HDL.

  1. Jeruk nipis

Jeruk nipis dikenal dengan kandungan vitamin C yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan vitamin C seseorang. Jeruk nipis ternyata juga dapat menurunkan kadar kolestrol dan bahkan secara keseluruhan.

  1. Mangga

Buah yang mengandung vitamin C lainnya adalah mangga yang mana mampu mencegah kolestrol jahat teroksidasi penyebab utama terjadinya plak atau penimbunan kolestrol pembuluh darah. Mangga juga termasuk buah yang kaya akan kandungan seratnya.

  1. Aneka buah berry

Banyak sekali jenis buah berry yang dapat kita temukan seperti strawberry, blueberry dan juga blackberry. Aneka buah berry tersebut biasanya banyak yang menyukai. Selain itu, buah berry juga memiliki antioksidan yang menurunkan kolestrol jahat serta mencegah penumpukan plak dalam arteri.

  1. Alpukat

Banyak orang mengangap dengan makan alpukat akan gemuk karena banyak mengandung lemak. Memang benar adanya alpukat mengandung banyak lemak. Namun lemak tersebut adalah lemak baik yang mampu menurunkan kolestrol jahat LDL dan meningkatkan kolstrol baik HDL.

  1. Lemon

Untuk mengonsumsi lemon dalam menurunkan kolestrol tinggi anda dapat membuatnya sebagai water infus dan olahan lainnya agar rasanya tidak terlalu asam. Lemon memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C yang mampu mengurangi produksi apo-B.

  1. Semangka

Semangka mengandung likopen atau zat yang dapat menurunkan kadar kolestrol anda. Jadi saat anda mengonsumsi semangka. Selain menyembuhkan dahaga, kolestrol juga bisa diturunkan.

  1. Apel

Selain rasanya yang manis, bagi para penggemar buah apel kabar baik bagi anda karena apel mengandung zat beta-glucan yang berperan menurunkan kadar kolestrol.

  1. Pisang

Hampir semua orang menyukai buah pisang hingga banyak sekali olahan yang terbuat dari pisang. Serat pada buah pisanglah yang berguna untuk menurunkan kadar kolestrol. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here