10 Jenis Penyakit Paru-paru beserta Ciri dan Gejala yang harus Diwaspadai

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Penyakit paru-paru merupakan penyakit yang berhubungan dengan sistem pernapasan. Penyakit paru-paru sangatlah beragam dari yang tidak menular sampai yang dapat menularkan dan semua jenis penyakit paru-paru ini dapat membahayakan kesehatan hingga menyebabkan kematian.

Mengapa kita perlu mengenali jenis-jenis penyakit pada paru-paru? Sangat perlu anda mengenali berbagai jenis penyakit paru-paru karena sebagai cara agar dapat melakukan pencegahan awal sampai ada diagnosis pasti dari dokter spesialis paru. Berikut jenis-jenis penyakit paru-paru beserta ciri dan gejalanya yang perlu anda kenali dan waspadai :

  1. Tuberkulosis (TBC)

TBC merupakan penyakit paru-paru yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis dan umumnya dapat menular melalui percikan ludah saat bersin atau batuk. Gejalanya adalah batuk berdahak selama tiga minggu atau lebih, dapat disertai batuk darah dan sesak nafas. Penderita biasanya mengalami demam pada sore dan pagi hari dan pada malam hari akan berkeringat serta turunnya nafsu makan dan berat badan.

  1. Bronkitis

Merupakan penyakit peradangan pada selaput lendir dari saluran yang membawa udara menuju paru-paru (bronkus). Gejala yang timbul yaitu demam dan dahak berwarna kuning jika penyebabnya infeksi kuman, batuk berdahak, sesak nafas, flu berkepanjangan, mudah lelah. Pada bronkitis kronis dapat terjadi batuk berdahak dan sesak nafas selama hitungan bulan hingga tahun.

  1. Asma

Merupakan penyakit sesak nafas dikarenakan adanya penyempitan pada saluran pernapasan. Asma termasuk ke dalam penyakit keturunan dan gejala pastinya adalah sulit bernafas atau sesak nafas disertai suara mengi.

  1. Emfisema

merupakan penyakit karena hilangnya elastisitas gelembung-gelembung pada paru-paru (Alveolus). Gejala pada penderita emfisema yaitu batuk kronis, sesak nafas dalam waku yang lama dan tidak dapat diatasi dengan obat, nafsu makan dan berat badan menurun serta kelelahan.

  1. Pneumonia (Radang Paru)

Merupakan penyakit infeksi atau peradangan paru yang disebabkan oleh bakteri mycoplasma pneumoniae dan streptokokus, virus, jamur atau parasit. Gejalanya seperti batuk berdahak, dahak berwarna kuning dan kental, sesak nafas, disertai dengan demam dan sakit pada dada.

  1. Legionnaries

Merupakan penyakit paru-paru yang disebabkan oleh bakteri legionella pneumophilia. Infeksi yang disebabkan oleh bakteri ini akan sama dengan penyakit pneumonia. Gejala yang timbul seperti sakit dan kaku otot, nyeri persendian, demam, mengigil, sakit kepala, batuk kering, batuk darah, nyeri dada, sesak nafas dan diare.

  1. Pneumotoraks

Adalah penyakit yang terdapat di selaput paru (Pleura), terjadi jika membran pleura tertembus dan udara masuk ke dalam rongga pleura menyebabkan paru-paru mengempis. Gejalanya yaitu sakit dada atau rasa nyeri menusuk dan napas tersengal-sengal atau rasa sesak di dada, napas pendek, denyut jantung yang cepat, napas cepat, batuk dan kelelahan. Pada kasus tertentu kulit kebiruan (sianosis) akibat kurangnya pasokan oksigen di dalam darah.

  1. Obstuktif Kronis (PPOK)

Merupakan penyakit yang memiliki keterbatasan dalam saluran napas dan kelainan jangka panjang dimana terjadi kerusakan jaringan yang ada di bagian paru-paru. Penyakit ini termasuk dalam penyakit bronkitis kronis dan juga emfisema. Ciri dan Gejalanya sama dengan penyakit asma, pernafasan terasa sesak dan semakin lama semakin berat.

  1. Efusi Pleura

Adalah kondisi yang ditandai oleh penumpukan cairan berlebih di antara dua lapisan yang memisahkan paru-paru dengan dinding dada bagian dalam (pleura). Gejala umumnya yaitu sesak napas, batuk dan nyeri dada yang tajam dan memburuk saat tarikan napas dalam (nyeri dada pleuritik). Nyeri dada dapat menyebar ke bahu di sisi yang sama atau perut bagian atas.

  1. Asbesitos

Adalah penyakit paru yang disebabkan oleh banyaknya zat asbes yang terhirup paru. Gejalanya sesak napas ringan, batuk kering terus-menerus, napas sesak hingga gagal nafas, nyeri dada dan dalam keadaan parah kuku jari tangan menjadi bulat melebar atau membesar seperti jari tabuh. (MLD)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here