11 Antibiotik Alami Dari Bumbu Dapur

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Antibiotik adalah obat yang kerap diberikan untuk mengobati infeksi yang diakibatkan bakteri. Namun tahukah pembaca jika antibiotik juga bisa didapatkan dari beberapa bumbu dapur? Rupanya bahan-bahan seperti bawang putih, kunyit, hingga jahe memiliki manfaat lain sebagai antibiotik alami.

Dokter pasti akan memberikan antibiotik bagi seseorang yang mengalami luka atau ketika tubuh dalam kondisi kurang sehat. Antibiotik merupakan obat yang berfungsi untuk membunuh bakteri ataupun mencegah agar tidak berkembangbiak di dalam tubuh.

Antibiotik selain dibuat dari zat kimia, rupanya juga terdapat di bahan-bahan alami seperti yang ada pada beberapa bumbu dapur. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa bumbu dapur yang mengandung antibiotik alami didalamnya.

Antibiotik pada Minyak Oregano

Minyak oregano dipercaya mempunyai manfaat yang cukup baik dalam mencegah bakteri. Minyak oregano mengandung antiseptik, antioksidan, antijamur, antivirus, antiparasit, anti-inflamasi hingga penghilang rasa sakit. Dengan komposisi tersebut, minyak oregano memiliki fungsi yang hampir sama seperti antibiotik.

Antibiotik pada Echinacea

Echinacea kerap dimanfaatkan guna mengatasi berbagai infeksi. Dapat juga untuk mengobati keracunan darah, luka terbuka, serta penyakit bakteri lainnya.

Antibiotik pada Extra Virgin Coconut Oil

Minyak kelapa mempunyai sifat alami antimikroba, antijamur, dan antioksidan. Minyak kelapa dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan fungsi otak. Selain itu minyak kepala juga mampu untuk menyeimbangkan tiroid, kolesterol, dan kadar gula darah.

Antibiotik pada Cabai Rawit

Cabai rawit merupakan salah satu rempah-rempah yang mempunyai kekuatan untuk menyembuhkan karena memiliki efek antibiotik. Namun demikian masyarakat perlu pengetahuan yang lebih untuk mengolah cabe rawit agar bisa digunakan sebagai antibiotik alami.

Antibiotik pada Bawang Putih

Bawang putih memiliki sifat antibiotik dari senyawa allcin. Senyawa tersebut memiliki tingkat antioksidan yang cukup tinggi, sehingga mampu melawan bakteri dan infeksi di dalam tubuh.

Antibiotik pada Kunyit

Akar kunyit mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya antibakteri. Selain itu sifat antibiotik pada kunyit juga dapat digunakan untuk mengatasi bakteri yang menyebabkan penyakit di tubuh.

Antibiotik pada Jahe

Pada jahe terdapat komponen utama yakni senyawa fenol seperti gingerol dan shogaols. Komponen tersebut memiliki manfaat terhadap anti-inflamasi dan menyeimbangkan kolesterol.

Antibiotik pada Madu Manuka

Madu Manuka memiliki kandungan anti-inflamasi, antimikroba dan antiseptik sehingga mampu membunuh bakteri di tubuh. Madu manuka juga sangat cocok untuk dikonsumsi guna menjaga stamina tubuh.

Antibiotik pada Cuka Sari Apel

Cuka sari apel mempunyai kandungan antiseptik dan antibiotik sehingga mampu membantu seseorang dalam mengatasi kolesterol atau risiko kanker.

Antibiotik pada Kubis

Kubis merupakan salah satu antibiotik alami yang dapat dimanfaatkan untuk melawan penyakit kanker. Kubis mempunyai banyak kandungan vitamin C, yang tentu saja bermanfaat bagi tubuh. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here