3 Cara Efektif Mencegah Kanker Paru-paru

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kanker merupakan jenis penyakit yang paling ditakuti oleh manusia, karena sampai saat ini banyak kasus kematian yang disebabkan oleh kanker. Pria menduduki posisi pertama yang paling banyak menderita penyakit kanker paru-paru karena kebiasaannya, tidak heran kanker paru-paru menjadi pembunuh nomor satu bagi para kaum pria. Pada jaman dahulu, kasus kanker paru-paru masih jarang ditemui jika dibandingkan dengan jaman sekarang. Karena semakin banyaknya kasus kanker paru-paru, banyak pula macam pengobatan yang dapat membantu kelangsungan hidup penderita kanker paru-paru.

Anda perlu mengetahui bahwa pengobatan kanker paru-paru itu rumit dan memerlukan biaya yang mahal. Maka dari itu, bagi Anda yang sekarang dalam kondisi sehat sebaiknya menghindari hal-hal yang dapat memicu kanker pada paru-paru. Tindakan pencegahan amat diperlukan guna mencapai hidup sehat sampai pada usia lanjut, karena pada masanya untuk bergerak saja sulit apalagi jika memiliki penyakit. Untuk mengantisipasi terserangnya penyakit kanker pada paru-paru, Anda perlu untuk mengetahui dan mempraktikan cara mencegah kanker paru-paru.

Berikut ini cara-cara yang seharusnya Anda lakukan untuk dapat mencegah kanker paru-paru.

  1. Berhenti Merokok

Menghisap dan menghirup asap rokok sama saja dengan memasukkan racun ke dalam tubuh. Zat-zat yang terdapat di dalam rokok tidak ada satupun yang memiliki fungsi untuk menyehatkan tubuh, justru sebaliknya. Berbagai jenis penyakit dapat bermunculan akibat dari kegiatan merokok, salah satunya yakni kanker paru-paru.

Zat-zat berbahaya yang ada di dalam rokok dapat mengotori paru-paru, selain itu juga merusak kinerjanya yang dapat dilihat dari gejala-gejala seperti sesak napas, nyeri bagian dada, dan batuk-batuk. Jika Anda meiliki kebiasaan merokok bahkan dalam sehari dapat menghabiskan beberapa bungkus, bisa dibayangkan nantinya paru-paru akan semakin kotor dan tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik, akibatnya terjadilah kanker paru.

Jika Anda adalah perokok aktif, cobalah untuk mengurangi aktivitas merokok secara pelan-pelan hingga secara tidak sadar berhenti dari aktivitas merokok. Dengan berhenti merokok, peluang Anda untuk terkena penyakit kanker paru-paru menjadi lebih sedikit.

  1. Hindari Asap Rokok dan Polutan Lain

Kanker paru-paru tidak hanya disebabkan oleh karena mereka yang biasa merokok, bagi yang tidak merokok pun apabila ikut menghirup asap rokok maka beresiko untuk terkena kanker paru-paru. Justru biasanya perokok pasif memiliki resiko lebih besar dari pada perokok aktif.

Selain itu juga, berbagai polutan yang mengandung zat karsinogenik dapat menyebabkan kanker paru-paru apabila dihirup dalam jumlah yang banyak.

Bagi Anda yang tidak merokok, ini merupakan langkah yang baik untuk mengurangi resiko. Pastikan Anda berada di lingkungan yang bebas dari asap rokok dan polutan berbahaya.

  1. Terapkan Gaya Hidup Sehat

Life style sangat mempengaruhi status kesehatan seseorang, apabila gaya hidup yang Anda terapkan kurang baik seperti kurang bergerak dan makan sesuka hati tanpa kontrol, hasilnya pun akan tidak baik. Ancaman penyakit jauh lebih besar dibandingakn dengan seseorang yang menerapkan gaya hidup yang sehat dan teratur.

Usahakan untuk mengonsumsi makanan-makanan yang bergizi seperti sayur, buah-buahan, dan sumber karbohidrat yang baik untuk tubuh. Hindari mengonsumsi makanan yang berpengawet dan disajikan secara instan, karena keduanya mengandung zat karsinogenik yang dapat menyebabkan kanker, termasuk kanker paru-paru. (SPT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here