3 Cara untuk Mengobati Gusi yang Bengkak

0
3
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kesehatan mulut tidak hanya berkaitan dengan gigi atau lidah, melainkan juga gusi. Kesehatan gusi adalah hal yang cukup penting untuk diperhatikan. Gusi tidak hanya mempunyai peran besar terhadap kesehatan mulut, tapi juga kesehatan pada tubuh. Lantas bagaimana cara mengobati gusi yang bengkak?

Penyakit pada gusi

Selain sakit pada gigi, rasa sakit pada gusi juga menjadi hal yang sering dialami seseorang. Selain rasa nyeri yang muncul bisa mempengaruhi aktivitas, gusi bengkak juga dapat memperburuk penampilan fisik. Terlebih jika gusi yang bengkak terjadi saat seseorang harus tampil di depan publik, tentu saja menjadi situasi yang sangat menjengkelkan.

Bengkak pada gusi dapat diakibatkan oleh bermacam-macam faktor. Berbagai cara pun bisa dimanfaatkan untuk mengatasi gusi yang bengkak, salah satunya memanfaatkan minyak cengkeh. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini 3 cara untuk mengatasi gusi yang bengkak.

Mengobati gusi bengkak dengan minyak cengkeh

Minyak cengkeh selain memiliki manfaat sebagai penyedap pada makanan, ternyata juga bisa menjadi alternatif untuk mengobati gusi bengkak. Hal itu dikarenakan cengkeh memiliki efek anti radang yang mampu meredakan nyeri, sekaligus mengecilkan gusi yang bengkak.

Sudah banyak toko-toko yang menjual minyak cengkeh sebagai obat. Cukup beli satu botol, lantas oleskan pada gusi yang bengkak. Namun bagaimana jika minyak cengkeh yang siap pakai sulit untuk didapatkan? Mau tidak mau, seseorang harus membuat minyak cengkeh sendiri.

Caranya cukup mudah, pertama kunyah cengkeh sampai mengeluarkan minyak yang rasanya cukup pahit. Namun cengkeh dan minyak yang sudah dihasilkan, jangan ditelan. Biarkan keduanya berada dalam mulut, khususnya di daerah gusi yang bengkak. Beberapa menit kemudian berkumur untuk membuang sisa-sisa cengkeh di dalam mulut.

Cara lainnya jika tidak dikunyah, cengkeh bisa juga ditumbuk sampai mengeluarkan minyak. Kemudian olesi minyak yang sudah dihasilkan ke area gusi yang bengkak. Olesi gusi yang bengkak dalam waktu beberapa hari, hingga perubahan terjadi.

Mengobati gusi bengkak dengan air garam

Selain minyak cengkeh, cara lain untuk mengobati gusi berdarah adalah dengan berkumur air garam. Cara membuatnya cukup mudah, pertama sediakan satu sendok makan garam. Kemudian campurkan garam tersebut dengan satu gelas air hangat. Setelah air dan garam tercampur, gunakan untuk berkumur dalam beberapa menit.

Satu hal yang perlu diperhatikan bahwa penggunaan air hangat lebih disarankan, ketimbang memakai air dingin. Berkumur menggunakan air garam mampu mengatasi nyeri dan bengkak pada gusi, meski sifatnya hanya sementara. Alhasil perlu ada pengobatan pendukung lainnya, agar bengkak pada gusi cepat teratasi.

Mengobati gusi bengkak dengan mengkompres

Seseorang yang mengalami gusi bengkak juga bisa melakukan cara lain, yakni dengan mengkompres bagian yang sakit. Namun terdapat dua cara mengkompres yang bisa dilakukan, yakni dengan air dingin dan air hangat. Apa perbedaannya?

Kedua macam kompres tersebut mempunyai fungsi yang berbeda. Jika kompres air hangat dapat membantu dalam meredakan nyeri, sementara kompres dengan air dingin dapat membantu untuk mengecilkan gusi bengkak. Caranya letakkan kompres pada bagian rahang atau pipi luar, bukan langsung di gusi. Hal tersebut guna menghindari iritasi yang bisa saja terjadi pada gusi. (APY)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY