3 Manfaat Jika Anda Rutin Melakukan Pemeriksaan Testis

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Testis atau buah zakar merupakan kantung yang berisi kelenjar kelamin jantan pada manusia dan hewan. Pada manusia khususnya pria, umumnya mempunyai dua kantung testis yang dibungkus dengan skrotum. Testis berperan pada sistem reproduksi yang berfungsi menghasilkan sperma dan menghasilkan hormon seks pria seperti tertosteron.

Di dunia kesehatan, pemeriksaan kesehatan rutin dan berkala sangat dianjurkan karena sebagai salah satu cara pencegahan dari penyakit dan untuk meminimalkan biaya pengobatan yang cukup mahal. Pemeriksaan rutin juga sangat diperlukan untuk kesehatan pria khususnya pemeriksaan rutin testis.

Lalu apa sajakah manfaat yang didapatkan jika anda rutin untuk melakukan pemeriksaan testis? Beberapa manfaatnya yaitu sebagai berikut :

  1. Mengetahui adanya kelainan-kelainan pada testis

Pemeriksaan dini testis memang harus dilakukan dari usia remaja yang sudah mengalami pubertas ataupun saat alat kelamin sudah berfungsi dengan baik. Pemeriksaan testis ini minimal dilakukan sebulan sekali. Dengan pemeriksaan sendiri diharapkan anda dapat menilai apakah testis mengalami perubahan.

Garis besar yang dinilai dari cek testis yaitu apakah ada benjolan dan nilai keras atau lunak, perubahan bentuk, warna dan ukuran serta adakah rasa nyeri saat pemeriksaan tersebut.

Jika anda menyadari adanya perubahan pada testis, anda dapat konsultasi dengan dokter spesialis.

  1. Pencegahan dini agar terhindar dari kanker testis

Kanker testis dapat dicegah bila anda rutin melakukan cek testis karena kanker ini merupakan salah satu kanker yang dapat disembuhkan. Namun akan sulit disembuhkan jika sel kanker telah menyebar.

Diharapkan dari pemeriksaan mandiri yang dilakukan, anda dapat menentukan apakah terdapat benjolan pada testis. Bila terdapat benjolan maka anda diharuskan untuk memeriksakan diri ke dokter.

  1. Mendeteksi dini kemungkinan penyakit lainnya

Pemeriksaan rutin cek testis juga diharapkan dapat mendeteksi secara dini dari penyakit testis lainnya. Beberapa penyakit yang berkaitan dengan testis yaitu varikokel dan atrofi testis bilateral.

Varikokel merupakan pembengkakan pada pembuluh darah vena di dalam kantong zakar atau skrotum. Pembengkakan ini biasanya akan berubah menjadi benjolan lunak dan sering terjadi pada sisi sebelah kiri skrotum.

Sedangkan atrofi testis bilateral merupakan pengurangan ukuran yang disebabkan oleh mengecilnya ukuran sel atau berkurangnya sel parenkim dalam organ tubuh. Sering disebut dengan testis yang kurus.

Demikianlah 3 manfaat jika anda rutin melakukan cek testis sejak dini. Manfaat tersebut dapat anda rasakan dan dapat mengurangi resiko terkena penyakit karena anda mencegah terlebih dahulu sebelum datangnya penyakit. (MLD)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here