3 Manfaat Mengetahui Masa Subur

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Masa kesuburan menjadi sesuatu yang sangat penting untuk diketahui bagi pasangan suami istri, khususnya yang telah lama menantikan kehadiran buah hati dalam keluarga. Lantas apa yang dimaksud dengan masa subur dan apa manfaat mengetahuinya?

Maksud masa subur

Masa subur merupakan suatu rentang waktu yang terdapat dalam siklus menstruasi wanita, dimana kondisi sel telur telah matang dan siap untuk dibuahi. Alhasil dalam masa kesuburan ini apabila pasangan suami istri melakukan hubungan seksual, maka peluang terjadinya kehamilan semakin besar.

Cara sederhana mengetahui masa subur

Sebenarnya terdapat berbagai cara guna mengetahui masa subur pada wanita. Langkah yang paling sering diterapkan adalah menggunakan perhitungan kalender. Sistim ini mengacu pada perhitungan kalender setelah istri mengalami siklus haid hingga haid berikutnya.

Perlu dicatat bahwa masa paling subur bagi istri yang mengalami haid teratur yakni hari ke 14, dihitung dari hari pertama ketika mengalami haid. Cara menghitung masa suburnya dimulai hari ke-14 kemudian dikurangi 2 hari (hari ke-12), hingga hari ke-14 ditambah 2 hari (hari ke-16).

Dengan demikian disimpulkan bahwa masa subur wanita yang menjalani siklus haid teratur, yakni hari ke-12 hingga hari ke-16 dihitung sejak hari pertama mengalami haid. Lantas apa saja manfaat mengetahui masa subur bagi pasangan suami istri?

Manfaat mengetahui masa subur

Manfaat yang pertama adalah masa subur bisa menjadi acuan untuk program kehamilan. Melakukan hubungan seksual ketika masa subur akan memberikan peluang lebih besar dalam mencapai kehamilan. Pasangan suami istri dapat menambah frekuensi atau mengoptimalkan hubungan seksual ketika menginjak masa subur.

Sebenarnya banyak faktor yang bisa menjadi kendala pasangan suami istri, sehingga sulit mendapatkan kehamilan. Dengan mengetahui masa subur, setidaknya satu persoalan sudah teratasi. Berikan waktu luang yang lebih banyak untuk melakukan hubungan seksual ketika masa subur, sehingga program kehamilan dapat terwujud.

Manfaat yang kedua adalah masa subur bisa digunakan sebagai alat KB alami. Bagi pasangan suami istri yang ingin menunda kehamilan secara alami, maka harus mengetahui kapan datangnya masa subur. Setelah mengetahui siklus masa subur, maka suami istri bisa mengurangi frekuensi hubungan seksual.

Menghindari hubungan seksual pada masa subur, maka peluang kehamilan juga akan semakin tipis. Meski demikian juga tidak menutup kemungkinan terjadinya kehamilan, walaupun peluang tersebut sangat kecil. Bagi suami istri yang benar-benar ingin menunda kehamilan, maka disarankan menambah pemakaian alat kontrasepsi saat berhubungan seks.

Manfaat yang ketiga adalah masa subur dapat membantu untuk mengidentifikasi masalah kemandulan. Suami istri yang frekuensi hubungan seksnya besar ketika masa subur namun tidak segera mendapatkan kehamilan, maka bisa saja dilanda kemandulan. Disarankan untuk segera berkonsultasi ke dokter spesialis, apabila pasangan suami istri mendapati kondisi tersebut. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here