3 Sumber Polusi Suara di Indonesia

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Apa yang Anda ketahui tentang polusi suara? Polusi bisa diartikan sebagai pencemaran, sedangkan suara berarti bunyi-bunyian yang dapat didengar. Jadi polusi suara berarti pencemaran yang diakibatkan oleh suara. Tidak semua suara bisa menjadi sumber polusi, suara atau bunyi yang bervolume tinggilah yang dapat menjadi sumber dari polusi suara. Ada juga pendapat yang mengatakan bahwa polusi suara adalah polusi yang terjadi dalam bentuk suara (gelombang). Suara yang bervolume tinggi dapat mengakibatkan ketidaktentraman makhluk hidup.

Bukan hanya sumber polusi lain yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan, polusi suara juga dapat menimbulkan berbagai gangguan seperti gangguan fisiologis (peningkatan tekanan darah, mual, pusing, susah tidur), gangguan psikologis (kurang konsentrasi, susah tidur, gampang marah), gangguan komunikasi dan efek yang paling tidak menyenangkan adalah ketulian.

Gangguan-gangguan yang dialami akibat dari polusi suara bisa termasuk dalam efek jangka pendek dan jangka panjang. Efek jangka pendek saat ada kebisingan, Anda bisa merasa pusing atau marah, efek jangka panjangnya adalah bisa menimbulkan gangguan-gangguan kesehatan yang telah disebutkan di atas.

Fenomena polusi suara di Indonesia juga sudah marak dan mengganggu aktivitas masyarakat. Namun dalam faktanya, polusi suara sering dibiarkan begitu saja karena saat ini sudah terbiasa. Apa saja sumber polusi suara di Indonesia yang paling berpengaruh bagi masyarakat? Berikut adalah informasi tentang 3 sumber polusi suara di Indonesia.

  1. Kendaraan Bermotor

Suara mobil, truk, angkutan umum, bus, dan sepeda motor berada di urutan pertama yang menjadi sumber polusi suara. Saat ini, trend di kalangan masyarakat Indonesia adalah pemakaian sepeda motor. Para pekerja, anak sekolah, mahasiswa, bahkan ibu rumah tangga pun menggunakan sepeda motor untuk bepergian. Tidak hanya bepergian jauh, pergi ke warung saja saat ini jarang yang kelihatannya berinisiatif untuk jalan kaki.

Dengan adanya trend tersebut, jalanan menjadi penuh dengan kendaraan. Suara-suara bising terus terdengar dari pagi sampai malam. Bagi masyarakat yang rumahnya dekat dengan jalan raya, mungkin akan terbiasa dengan keadaan tersebut, tetapi lambat laun akan merasakan efek jangka panjang dari polusi suara yang diakibatkan oleh suara kendaraan bermotor.

  1. Pabrik

Masih banyak pabrik-pabrik besar di Indonesia yang didirikan dekat dengan pemukiman masyarakat. Apabila pabrik-pabrik tersebut memiliki mesin yang bekerja dengan menimbulkan suara yang keras, dikhawatirkan akan mengganggu kenyamanan mereka.

Alangkah baiknya, pabrik dibangun di wilayah kawasan industri agar kenyamanan warga tidak terganggu.

  1. Pesawat Udara

Selain kendaraan dan suara mesin pabrik, suara bising yang diakibatkan oleh pesawat udara juga bisa menjadi sumber polusi udara.  Sama halnya dengan pabrik, pembangunan bandara juga seharusnya jauh dari pemukiman masyarakat agar tidak mengganggu kenyamanan. (SPT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here