3 Tipe Teman yang Wajib Dihindari

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Manusia adalah makhluk sosial, mereka membutuhkan orang lain dalam hidupnya. Tidak ada seorang pun yang mampu hidup seorang diri. Karena itulah manusia harus menjaga hubungan baik antara satu dengan yang lain.

Sebagai makhluk sosial, memiliki banyak teman bisa menjadi sangat menyenangkan. Bagaimana tidak, hal tersebut akan menunjukkan bahwa kita adalah seorang pribadi yang diterima di dalam pergaulan. Memiliki banyak teman akan menjadikan hidup berwarna dan lebih indah.

Bagi remaja, memiliki banyak teman juga bisa menjadi satu pembuktian bahwa mereka adalah orang- orang yang eksis. Bahkan banyak di antara mereka yang menghabiskan lebih banyak waktu dengan teman dan sahabat daripada dengan keluarga di rumah.

Walaupun sangat menyenangkan memiliki banyak teman, namun juga harus tetap berhati- hati dalam berteman. Bukan bermaksud terlalu memilih- milih, namun kita harus selektif. Salah dalam pergaulan akan membuat remaja mendapatkan dampak yang kurang baik. Karena dalam masa ini, remaja memang sedang dalam pencarian jati diri. Contohnya begini, apabila seorang remaja memiliki teman- teman yang semuanya perokok maka mau tidak mau remaja tersebut akan merasa penasaran tentang merokok dan bukan tidak mungkin akan menjadi seorang perokok juga.

Selain seperti yang telah disebutkan di atas, berikut ini adalah 3 tipe teman yang wajib dihindari:

  1. Selalu berpikiran negatif dan mengeluh

Tidak dipungkiri bahwa kehadiran teman remaja salah satunya adalah sebagai pemberi semangat untuk meraih keinginan- keinginannya. Tentu saja baik jika remaja memiliki cita- cita yang tinggi, seperti menjadi penulis terkenal misalnya. Dalam hal ini teman dengan tipe negatif akan membuat impian remaja tersebut terhambat dengan pikiran dan perkataannya. Dengan kata- kata yang cenderung pesimistis, teman tersebut akan mempengaruhi pikiran seorang remaja yang sedang bersemangat mengejar mimpinya, bahkan mungkin saja remaja tersebut akan merasa down.

Demikian juga halnya dengan seorang teman tipe yang sering mengeluh. Dalam segala hal, saat menemukan kesulitan, teman tersebut akan mengeluh dan tidak mau berusaha lebih keras. Hal ini bisa memberikan pengaruh kurang baik bagi remaja.

  1. Berteman karena mencari keuntungan

Pasti sangat menjengkelkan saat kita mendapatkan teman seperti ini. Segala hal yang dilakukan kepada kita bukan merupakan perbuatan tulus sebagai seorang sahabat. Semua dilakukan karena ada maunya. Teman yang semacam itu tidak akan bertahan lama dan akan mudah meninggalkan kita ketika kita dalam kesusahan.

  1. Pembohong

Seseorang yang pernah berbohong apalagi suatu kebohongan fatal akan membuat kita sudah kehilangan kepercayaan padanya. Bagaimana suatu hubungan pertemanan dapat dibangun jika sudah tidak ada kepercayaan satu dengan yang lainnya. Hubungan tersebut tidak akan lama dan rentan dengan pertengkaran.

Memang kita juga bukan seseorang yang sempurna, namun berusaha lebih baik adalah suatu keharusan. Jika sudah memiliki teman dan sahabat yang tulus dan menerima kita maka jangan sia- siakan hal tersebut. (AYK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here