4 Hal Membiasakan Anak Rutin Minum Air Putih

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Tentu senang melihat si Kecil yang kini gemar mencoba dan melakuan hal-hal baru. Tidak hanya melakukan berbagai aktivitas. Seiring bertambahnya usia anak, biasanya senang mencoba memakan makanan yang bertekstur padat. Fase pertumbuhan ini bisa dimanfaatkan untuk mengajarkan kebiasaan baik, misalnya membiasakan rutin minum air putih. Ya, selain diberi susu, air putih juga merupakan asupan cairan yang tidak kalah penting untuk menjaga tubuh anak agar tetap terhidrasi. Nah lakukan kiat-kiat berikut ini supaya anak terbiasa minum air putih secara rutin.

  1. Selalu Sediakan Air Putih

Setelah bermain dan beraktivitas seharian, cairan tubuh yang berkurang tentu dapat membuat anak menjadi haus atau dehidrasi. Namun, dengan kemampuan bicara si kecil yang belum berkembang dengan baik dan sempurna bisa saja membuatnya sulit untuk mengungkapkan hal tersebut. Oleh sebab itu, pastikan untuk selalu meletakkan botol berisi air putih di tempat yang bisa dijangkau oleh anak. Sehingga, anak bisa langsung meminumnya ketika merasa dirinya haus.

  1. Jadikan Air Putih Sebagai Minuman Yang Menyenangkan

Biasanya air putih dianggap kurang menarik bagi anak kecil, karena warnanya yang bening dan rasa yang tawar. Agar si Kecil lebih tertarik, anda sebagai orang tua bisa melakukan beberapa trik, seperti meletakkan air putih di dalam gelas dengan gambar lucu yang disukai sang anak, atau menambahkan irisan buah ke dalam air putih supaya rasa air putih menjadi lebih segar sehingga anak tertarik untuk meminumnya.

  1. Berikan Kebebasan Pada si Kecil

Jika sang anak masih tidak tertarik untuk minum air putih yang telah anda sediakan, anda bisa membuat aktivitas ini lebih menarik dengan memberikan kebebasan pada sang anak untuk mengambil sendiri air putih untuk minum. Anda bisa melakukan dengan Cara sederhana seperti dengan mengajarkannya menuangkan air putih dari dispenser. Aktivitas ini diharapkan dapat membuat sang anak lebih percaya diri dan akhirnya mau minum air putih yang diambil sendiri.

  1. Batasi Minuman yang Ada di Rumah

Ketika anak kecil melihat ada minuman berwarna mencolok seperti jus atau sirup, tentu membuatnya lebih tertarik untuk memilih minuman tersebut ketimbang air putih. Maka, sebaiknya anda dapat membatasi pilihan minuman untuk sang anak. Tapi, bukan berarti sang anak hanya boleh minum air putih. Anda tetap bisa memberikan asupan cairan lain secara bergantian. misalnya jika anak ingin meminum jus, anak harus meminum air putih terlebih dahulu. batasi juga Jumlahnya agar tidak terlalu banyak. Ingat tujuan awal yaitu membiasakan anak untuk minum air putih, jadi jangan lupa juga untuk tetap memberikan asupan cairan seperti susu balita yang baik untuk tumbuh kembang sang anak.

Nah, ternyata membuat anak untuk rutin minum air putih tidak sesulit yang andabayangkan, bukan? Selamat mencoba, smeoga berhasil. (AGT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here