4 Hal Wajib Orang Tua Lakukan saat Anak Terjerumus Narkoba

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Narkoba atau narkotika dan obat/bahan berbahaya atau kita kenal juga dengan napza, merupakan obat, bahan, atau zat bukan makanan yang jika diminum, diisap, dihirup, ditelan, atau disuntikan, berpengaruh pada kerja otak, dan sering menimbulkan kecanduan atau ketergantungan. Narkoba dapat mengubah perasaan, pikiran dan perilaku pengguna.

Orang yang kecanduan terhadap narkoba terjadi karena adanya penyalahgunaan narkoba. Penyalahgunaan narkoba yaitu penggunaan narkoba bukan untuk tujuan pengobatan, dalam jumlah berlebihan, secara kurang lebih teratur, dan berlangsung cukup lama, sehingga menyebabkan gangguan kesehatan fisik serta gangguan pada perilakunya dan kehidupan sosialnya.

Di Indonesia, penyalahgunaan narkoba tampaknya sudah sangat marak. Tidak hanya pada orang dewasa saja. Dewasa ini narkoba di Indonesia juga sudah menyerang para remaja mulai dari anak Sekolah menengah pertama hingga anak sekolah menengah atas. Hal itu tentunya sangat mengkhawatirkan.

Untuk menangani hal tersebut, agar korban penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja tidak bertambah. Biasanya akan dilakukan sosialisasi tentang pengenalan ataupun pencegahan terhadap penggunaan narkoba di tiap sekolah, yang biasanya dilakukan dari tenaga kesehatan.

Tetapi bagaimana jika ternyata anak anda sudah terjerumus dalam lubang narkoba?. Apa yang harus anda lakukan sebagai orang tua?. Saling menyalahkan atau memarahi anak anda bukanlah solusi yang tepat. Karena ada banyak hal yang dapat menyebabkan anak bisa terjerumus dalam narkoba jadi jangan serta merta anda menyalahkan anak.

Sebaiknya carilah solusi yang tepat untuk anak anda dibandingkan anda memarahinya. Untuk hal tersebut, yang harus anda lakukan sebagai orang tua saat anak anda terjerumus narkoba yaitu :

  1. Jangan memberi label pada anak

Jangan sekali-kali anda memberikan label kepada anak anda sebagai anak nakal karena justru akan membuat anak anda merasa semakin terpuruk dengan keadaannya. Sebaiknya berikan kata-kata positif pada anak.

  1. Ikut serta dalam proses rehabilitasi

Keikutsertaan orang tua dalam proses rehabilitasi menurut psikolog anak dan remaja Samanta Ananta juga penting. Karena dengan keikutsertaan orang tua dalam kegiatan rehabilitasi anak, anak akan merasa dibutuhkan dan diakui oleh keluarga. Serta dengan memberikan kata motivasi atau positif dapat membuat anak kembali ke jalan yang benar.

  1. Komunikasi yang baik dengan anak

Banyak remaja yang terjerumus narkoba terjadi karena komunikasi yang kurang antara orang tua dan anak perihal narkoba. Suatu studi di Amerika terhadap remaja yang mengikuti program rehabilitasi mengatakan bahwa mereka mengonsumsi alkohol atau obat-obatan terlarang dua tahun sebelum orang tua mereka mengetahuinnya. Artinya orang tua selalu terlambat mengetahui apa yang dilakukan oleh anak. Hal tersebut terjadi karena komunikasi terhambat. Sehingga anda sebagai orang tua sebaiknya menjain komunikasi yang baik dengan anak.

  1. Tetap awasi anak

Tak jarang setelah mengikuti proses rehabilitasi ada beberapa anak yang berani mengulangi kesalahannya yaitu dengan menggunakan kembali narkoba tersebut. Hal tersebut terjadi karena adanya pengaruh dari lingkungan atau teman sepergaulannya. Oleh karena itu orang tua harus tetap mengawasi anaknya. Bimbing anak untuk mencari teman yang tidak akan menjerumuskan dirinya ke dalam narkoba untuk kesekian kalinya. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here