4 Jenis Hormon yang Mempengaruhi Rasa Bahagia

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Setiap emosi dan perasaan yang dirasakan oleh setiap manusia dipengaruhi oleh hormon dalam tubuh. Setiap hormon yang ada di dalam tubuh manusia memiliki fungsi yang signifikan terhadap metabolisme tubuh.

Dan setiap hormon dalam tubuh dapat dipengaruhi oleh faktor lingkungan, stimulasi dari luar dan stimulasi dari dalam berupa perasaan bahagia. Meski dapat mempengaruhi hormon-hormon lain di dalam tubuh, perasaan bahagia juga tumbuh dari beberapa hormon, diantaranya:

  1. Serotonin

Hormon ini yang paling sering dikaitkan dengan perasaan bahagia. Hormon serotonin berasal dari proses perubahan biokimia kombinasi tritopan dengan tritopan hidroksilase. Serotonin ini juga berperan sebagai pembawa sinyal ke antar jarngan saraf.

Serotonin juga berguna sebagai pengatur suasana hati dan dapat mencegah depresi. Selasin berpengaruh pada perasaan seseorang, hormon serotonin juga dapat berdampak pada fungsi organ-organ tubuh, seperti saluran pencernaan, proses pembekuan darah, kepadatan tulang, rasa mual dan fungsi seksual. Hormon ini dapat dilelepaskan dengan mengkonsumsi makanan yang kaya karbohidrat dan vitamin D, berolahraga, berfikir positif atau berada di bawah matahari pagi.

  1. Dopamin

Hormon ini berperan penting untuk menjaga perasaan psitif pada seseorang. Kekurangan hormon ini bisa mempengaruhi konsentrasi Anda yang akan menurun, susana hati yang memburuk, bahkan timbulnya rasa kurang diperhatikan. Hormon dopamin ini berfungsi meningkatkan kewaspadaan Anda dan menajamkan fokus Anda pada satu hal.

Selain itu, hormin ini juga berfungsi sebagai vasodilator yaitu menjaga agar pembulu darah tetap lebar. Pembentukan hormon dopamin dapat didapat dari makanan mengandung protein dan B6 serta dengan berolahraga.

  1. Endorfin

Hormon endorfin memiliki fungsi utama sebagai penghilang rasa sakit alami yang diproduksi sendiri oleh tubuh. Selain sebagai penghilang rasa sakit alami tubuh, endorfin juga bisa memicu perasaan senang, behagia dan perasaan tenang. Hormon ini diproduksi oleh sistem saraf pusat dan kelenjar hipofisis.

Mengkonsumsi coklat dapat membantu melepaskan hormon endorfin, sehingga menimbulkan rasa nyaman, tenang dan perasaan bahagia pada tubuh. Makanan dengan cita rasa pedas juga bisa membatu merangsang pelepasan hormon endorfin. Karena, pada saat mengkonsumsi makanan padas reseptor pada lidah akan menangkap rasa sakit dari makanan tersebut, kemudian otak akan melepaskan endorfin sebagai penghilang rasa sakit yang diterima lidah.

  1. Oksitosin

Oksitosin merupakan hormon yang dihasilkan oleh kelenjar pituitari yang berada di dasar otak. Hormon ini berkaitan dengan rasa cinta dan kepercayaan dalam diri seseorang. Itulah mengapa hormon ini berperan penting menentukan tingkah laku seseorang. Respon emosi juga akan berkaitan dengan hormon ini. Hormon oksitosin dapat meningkatkan perasaan positif dan kecakapan sosial.

Pelepasan hormon ini bisa dilakukan dengan berpelukan, menunjukan perasaan sayang, atau dengan melakukan pijat.


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here