4 Manfaat Kesehatan Jahe Bagi Tubuh

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Jahe merupakan salah satu tanaman herbal yang digemari sebagai minuman penghangat tubuh atau sebagai campuran dalam bahan makanan lain. Penggunaan jahe dalam kehidupan sehari-hari karena dipercaya memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh.

Lalu benarkah jahe bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh? Secara ilmu medis, jahe memang memilki manfaat untuk menyembuhkan beberapa kondisi medis, diantaranya:

  1. Mengurangi rasa mual dan muntah setelah operasi

Efeknya yang dapat menghangatkan tubuh saat diminum, membuat jahe dapat membantu mengurangi rasa mual dan muntah. Tidak hanya mual muntah biasa, saat mual muntah akibat operasi juga bisa anda tangani dengan mengonsumsi jahe. Mual muntah pada orang pasca operasi bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti akibat tindakan operasi atau efek dari obat anestesi.

Untuk mengatasi mual dan muntah setelah operasi, anda bisa mengonsumsi jahe satu jam sebelum tindakan operasi. Dengan itu dapat mengurangi rasa mual dan muntah selama 24 jam setelah tindakan operasi. Jika tidak suka mengonsumsi jahe dengan diminum, ada alternatif lain yaitu mengoleskan minyak jahe sebelum operasi.

  1. Mencegah morning sicknes

Tidak hanya setelah operasi. Mual muntah juga sering dialami oleh ibu hamil pada awal kehamilannya. Kondisi mual muntah pada ibu hamil biasanya disebabkan oleh morning sickness. Jahe juga bisa anda gunakan untuk mengurangi mual dan muntah saat hamil sehingga mengurangi frekuensi anda mengalami morning sickness.

Namun, anda perlu berhati-hati karena ibu hamil biasanya harus membatasi beberapa konsumsi obat termasuk jahe yang merupakan obat herbal. Untuk itu, sebelum mengonsumsi jahe untuk mengurangi morning sickness, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu kepada dokter apakah konsumsi jahe aman bagi anda dan janin.

  1. Mengatasi osteoarthritis

Osteoarthritis bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti obesitas, penuaan dini dan cedera sehingga mengakibatkan penderitanya merasakan nyeri sendi atau kekakuan pada sendi. Jahe bisa menjadi solusi anda untuk mengatasi nyeri pada sendi.

Anda tidak perlu ragu lagi dalam menggunakan jahe sebagai obat nyeri sendi karena sudah ada beberapa penelitian yang mendukung efektifitas jahe dalam mengurangi osteoarthritis. Jahe bisa anda konsumsi dengan meminum ekstrak jahe atau menggunakan minyak terapi jahe untuk memijat daerah tubuh yang mengalami osteoarthritis.

  1. Mengurangi nyeri menstruasi

Jahe juga bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri saat anda menstruasi. Menjadi kabar baik bagi wanita jika jahe dapat mengatasi nyeri menstruasi, karena nyeri saat menstruasi itu sangat menyakitkan. Besarnya efektifitas jahe dalam mengurangi nyeri menstruasi dianggap sama dengan ibuprofen dan asam mefenamat.

Untuk mendapatkan manfaat jahe dalam mengurangi nyeri menstruasi anda bisa mengonsumsi ekstra jahe kurang lebih 500 sampai 2000 mg selama tiga hari di awal menstruasi. (DKA)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here