4 Penyebab Nyeri Otot yang Mungkin Tidak Anda Sadari

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Nyeri otot atau myalgia adalah rasa sakit yang muncul pada bagian otot. Ini merupakan sebuah kondisi umum dan bisa terjadi pada semua orang.

Nyeri otot bisa mulai terasa ketika seseorang sedang melakukan aktivitas atau setelah aktifitas. Kondisi ini bisa dirasakan pada bagian mana saja karena hampir seluruh bagian tubuh memiliki jaringan otot dan biasanya tidak hanya melibatkan satu otot saja. Nyeri otot bisa melibatkan ligamen, tendon, dan fasia. Fasia merupakan jaringan ikat yang menghubungkan otot dengan otot dan jaringan di sekitarnya seperti saraf dan pembuluh darah.

Proses munculnya rasa nyeri pada tubuh ketika Saat terjadi benturan atau luka, maka tubuh akan meresponnya dengan merangsang reseptor rasa sakit. Reseptor tersebut membawa pesan rasa sakit langsung menuju sumsum tulang belakang. Lalu, saraf tulang belakang tersebut membawa pesan rasa sakit dari reseptornya sampai ke otak, di mana ia diterima oleh talamus dan dikirim ke korteks serebral, yang merupakan bagian otak yang memproses pesan tersebut.

Secara singkat, rasa sakit tersebut akan berpindah dari tempat di mana luka Anda berada, menuju otak untuk dicatat sebagai rasa sakit. Setelah otak merasakan rasa sakit, otak akan mengirimkan kembali pesan tersebut kembali ke area tubuh Anda yang terluka. Merupakan proses yang kompleks, namun ternyata, proses tersebut berlangsung sangat cepat. Bahkan, hanya membutuhkan sebentar untuk membuat Anda merasakan rasa sakit tersebut

Penyebeb nyeri otot lainnya bisa muncul dalam kebiasaan anda sehari hari seperti :

  • Terlalu sering main HP

Banyaknya aplikasi seru di ponsel yang Anda miliki tidak jarang membuat Anda lupa waktu saat menggunakannya. Beberapa keluhan nyeri yang dirasakan di antaranya adalah radang sendi pada jari tangan. Untuk menghindarinya, ketika rasa nyeri mulai muncul, Anda perlu berhenti sejenak dan melakukan relaksasi pada jari tangan Anda.

  • Posisi tidur yang salah

Posisi tidur tidak jarang memicu terjadinya nyeri, salah satunya adalah salah bantal. Salah bantal biasanya disebabkan karena menggunakan bantal yang terlalu tinggi, sehingga otot leher menjadi tegang. Untuk mencegahnya, sebaiknya jangan gunakan bantal yang terlalu tinggi. Selain itu, bantal juga diharuskan dapat menyangga bagian bahu.

  • Posisi duduk yang salah

Posisi duduk yang salah dapat menyebabkan Anda membungkuk ke depan, sehingga dapat menarik punggung dan leher dan menimbulkan nyeri. Untuk mencegahnya, Anda perlu memperhatikan posisi duduk Anda. Posisi duduk yang benar adalah duduk tegak dengan punggung lurus dan bahu ke belakang, tekuk lutut pada sudut yang benar, hindari menyilangkan kaki, letakkan kursi dekat dengan meja, istirahatkan lengan dan siku, serta hindari mengambil barang dalam posisi duduk dengan melintir punggung.

  • Salah posisi saat mengangkat barang yang berat

Mengangkat barang yang berat perlu teknik yang benar, karena jika tidak, Anda harus bersiap untuk mengalami nyeri pada punggung. Kesalahan umum yang sering dilakukan adalah membuat tubuh melengkung ke depan untuk meraih benda, lalu meluruskan punggung saat Anda mengangkatnya. Hal tersebut dapat memaksa otot punggung Anda seketika menanggung beban dari benda tersebut.

Untuk menghindarinya, Anda perlu mengambil barang berat bukan dengan cara melengkungkan punggung, tapi dengan cara menekuk lutut dan pinggul sambil posisi jongkok. Jaga punggung Anda tetap tegak. Lalu ambil benda tersebut dan angkat dengan otot kaki dengan meluruskan lutut dan pinggul.

Selain akibat faktor di atas nyeri otot juga bisa terjadi karena suatu penyakit seperti :

Fibromialgia adalah kondisi yang menyebabkan otot dan jaringan lunak terasa sakit ketika disentuh dan akan disertai dengan kesulitan tidur, kelelahan,dan sakit kepala.

  • Polimialgia adalah suatu peradangan yang menyebebkan otot lemah dan terjadi pada kekdua sisi tubuh
  • Dermatomiositis penyakit peradangan yang menyebabkan otot lemah disertai ruam khas pada kulit.
  • Lupus adalah suatu penyakit kronis dimana sistem kekebalan tubuh berbalik menyerang jaringan dan organ tubuh.
  • Rheumatoid arthritis adalah suatu peradangan kronis pada sendi yang menyebabkan rasa sakit, bengkak,kaku pada persendian
  • Distonia adalah suatu kondisi yang menyebabkan otot-otot berkontraksi secara tidak disengaja.
  • Rhabdomiolisis kondisi dimana jaringan otot hancur dan masuk kedalam aliran darah, kondisi ini dapat menyebabkan kematian jika tidak segera di tindak lanjuti.(NLT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here