4 Teknik Meditasi yang Bisa Anda Coba di Rumah

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Meditasi adalah kegiatan yang bertujuan untuk relaksasi dengan melepaskan berbagai beban pikiran, berupa kecemasan, rasa khawatir ataupun kesedihan. Meditasi sangat berguna bagi Anda yang memiliki beban penat dalam kehidupan. Teknik-teknik meditasi biasanya sangat sederhana dan dapat dengan mudah ditirukan. Berikut beberapa teknik meditasi yang bisa Anda coba:

  1. Mengatur pernapasan Anda

Teknik paling mendasar dari meditasi adalah dengan mengatur pernapasan. Teknik ini merupakan teknik meditasi paling kuno, tapi dianggap sebagai teknik yang paling mudah untuk dilakukan. Pada teknik ini, Anda cukup mencari tempat yang nyaman dan memposisikan diri Anda dengan baik.

Lalu mulailah untuk mengatur pernapasan Anda dengan menarik napas sedalam yang Anda bisa. Lalu hembuskan dengan perlahan. Jangan terburu-buru dalam melakukannya. Cobalah untuk merasakan aliran napas Anda. Dengan begitu Anda akan merasa lebih tenang. Selain itu, fokus dan konsentrasi Anda juga akan meningkat dari sebelumnya.

  1. Duduk di tempat yang hening

Teknik ini juga merupakan teknik yang mudah untuk dilakukan. Anda cukup duduk di rruangan atau tempat yang hening, lalu fokuskan pikiran Anda pada hal-hal yang menyenangkan. Jangan biarkan diri Anda menyelipkan pikiran buruk, dengan rasa sedih, khawatir atau cemas meski hanya sebentar. Karena hal ini akan mengganggu meditasi Anda.

Teknik meditasi ini sering disalah artikan, biasanya orang akan mencoba dan memaksakan diri untuk duduk seperti dalam video atau buku panduan meditasi. Sebenarnya hal ini tidak perlu dilakukan. Posisi Anda tidaklah penting yang terpenting adalah Anda nyaman dengan posisi duduk Anda. Hanya saja, Anda disarankan untuk duduk dengan tegak. Ini bertujuan agar peredaran oksigen ke otak lebih mudah dan Anda akan lebih mudah memfokuskan pikiran.

  1. Teknik meditasi dengan mantra

Meditasi mempunyai mantra tersendiri, mantranya tidaklah sama dengan matra para pesulap. Mantra pada teknik meditasi hanya satu kata, ‘ohmm’. Mantra ini bisa membantu Anda untuk lebih fokus pada meditasi dan bisa membuat Anda lebih mudah mengatur pernapasan Anda. Pejamkan mata Anda, lalu ucapkan mantra tersebut. Fokuskan diri  Anda hanya pada mantra itu, maka ketenangan dan fokus akan datang pada Anda.

  1. Jangan terlalu banyak bergerak

Meditasi akan sangat identik dengan diam dengan posisi yang sama dalam waktu yang cukup lama. Memang dalam meditasi sangat dianjurkan untuk tidak banyak bergerak. Tujuannya adalah menjaga fokus Anda pada meditasi dan pikiran-pikiran baik tidak terganggu. Saat Anda melakukan banyak gerakan, disaat itu juga otak Anda bekerja. Dan ini akan mempengaruhi konsentrasi dan fokus Anda dalam meditasi.

Bagi Anda yang masih pemula dalam melakukan meditasi atau Anda yang memiliki masalah dengan sulitnya berkonsentrasi, Anda bisa mencoba meditasi dengan bantuan lilin aroma terapi atau dengan mendengarkan musik-musik meditasi. Hal sepele seperti itu bisa membantu Anda dalam melakukan meditasi dengan baik.


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here