5 Bahan Alami untuk Atasi Keputihan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Keputihan merupakan kondisi normal yang dialami setiap wanita. Cairan keputihan terdiri dari kombinasi cairan yang diproduksi serviks, sel-sel mati, dan bakteri yang dikeluarkan melalui vagina guna menjaga jaringan vagina tetap sehat, sebagai pelumas dan mencegah vagina terkena iritasi atau infeksi. Keputihan normalnya cairan berwarna putih atau jernih dan tidak berbau. Jika keputihan terasa lengket dan disertai gatal, hal tersebut bisa menjadi tanda infeksi bakteri, jamur, ataupun efek hormonal akibat penggunaan pil kontrasepsi. Tapi, jangan khawatir, jika keputihan dirasa berlebih dan membuat tidak nyaman, ada beberapa bahan alami di sekitar Anda yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah keputihan. Apa saja?

  1. Yoghurt. Yoghurt tak hanya baik untuk menjaga keseimbangan bakteri di usus, tapi juga di area Miss V. Berkat kandungan probiotik (Lactobacillus) di dalamnya, yoghurt dapat dijadikan bahan alami untuk Anda yang bermasalah dengan keputihan. Selain diminum langsung, yoghurt dapat digunakan untuk perawatan luar. Anda hanya perlu mengaplikasikan yoghurt tawar dengan cotton ball ke area Miss V. Setelah 10 menit, bilas dengan air bersih. Lakukanlah terapi yoghurt ini beberapa kali dalam sehari untuk hasil optimal.
  2. Daun jambu. Tak hanya ampuh untuk diare, daun jambu juga dapat membantu mengatasi keputihan karena memiliki sifat anti-radang dan anti-bakteri. Rebus 10 lembar daun jambu dalam satu liter air hingga setengahnya. Diamkan sampai hangat kuku, lalu gunakan untuk membasuh Miss V. Perawatan dengan daun jambu ini dapat dilakukan dua kali sehari selama satu minggu.
  3. Cuka apel. Cuka apel memiliki kandungan anti-jamur dan anti-bakteri sehingga dapat membantu mengatasi pertumbuhan mikroba berlebih di area Miss V. Selain itu, bahan alami ini juga dapat mengembalikan keseimbangan pH tubuh. Cukup campurkan cuka apel dengan air bersih, lalu gunakan untuk membasuh vagina.
  4. Pisang. Perawatan keputihan tak hanya dari luar, tapi juga dari dalam. Salah satu caranya dengan mengonsumsi satu sampai dua buah pisang setiap hari. Kalium, magnesium, vitamin B dan nurisi lainnya dalam pisang dapat membantu mengembalikan keseimbangan hormonal tubuh dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.
  5. Kunyit. Memiliki agen anti-bakteri, kunyit juga dapat digunakan untuk mengatasi keputihan. Anda bisa mendapat manfaat kunyit ini dengan cara yang enak, seperti mencampurkannya dengan segelas susu hangat dua sampai tiga kali dalam sehari.

Meski lima bahan di atas pada dasarnya bermanfaat untuk mengatasi keputihan, jangan menunda waktu untuk memeriksakan diri ke dokter jika mengalami tanda-tanda bahaya, seperti cairan keputihan yang tebal, berwarna kekuningan atau kehijauan, Miss V berbau amis, gatal, sensasi, panas, dan pendarahan di luar menstruasi. (RFZ)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY