5 Buah yang Baik untuk Sarapan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Setiap hari, kita hendaknya tidak melewatkan sarapan pagi. Mengapa? Dengan sarapan, tubuh akan terisi kembali dengan energi dan nutrisi tidur malam yang panjang. Tapi, tentunya sarapan yang baik adalah sarapan dengan menu makanan sehat. Salah satunya adalah buah. Seperti kita ketahui, buah mengandung vitamin, mineral dan serat yang baik untuk menjaga pencernaan dan kesehatan secara menyeluruh. Dari sekian banyaknya jenis buah, buah apa sajakah yang banyak direkomendasikan untuk sarapan pagi?

Apel

Apel kaya akan antioksidan dan mengandung gula sederhana dengan jumlah yang ideal untuk memberi asupan energi di pagi hari. Selain itu, di dalamnya juga terkandung sejumlah vitamin, mineral dan serat makanan yang dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Bahkan, konsumsi apel secara teratur telah terbukti dapat membantu pengendalian kadar gula darah, menurunkan kolesterol darah, dan menjaga kesehatan sistem peredaran darah.

Alpukat

Alpukat termasuk menu sarapan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung berkat sejumlah nutrisi yang dikandungnya, seperti asam lemak tak jenuh tunggal, kalium, dan vitamin E. Alpukat juga diperkaya serat yang membantu menstabilkan kadar gula darah, mencegah sembelit, dan membantu menurunkan kolesterol. Karena kandungan dan manfaatnya yang luar biasa, tak heran bila alpukat kerap menjadi pilihan menu sarapan oleh mereka yang sedang menjalankan program penurunan berat badan.

Kiwi

Kiwi dikenal mengandung vitamin C yang tinggi. Ini membuatnya memiliki manfaat antioksidan potensial untuk melawan efek buruk radikal bebas. Tak hanya itu saja, kiwi juga diperkaya serat dan menyumbang asupan sejumlah nutrisi penting, seperti vitamin A, kalsium dan zat besi.

Buah beri

Telah banyak penelitian yang membuktikan secara konsisten manfaat kesehatan yang diperoleh dengan rajin mengonsumsi buah beri (seperti stroberi, bluberi, kranberi, gojiberi dan rasberi). Berkat kandungan antioksidannya yang tinggi, buah beri dapat membantu melawan gejala arthritis, mengurangi risiko kepikunan, hingga mencegah kanker.

Melon jingga

Melon jingga atau cantaloupe memang kurang begitu familiar untuk disajikan saat sarapan pagi. Tapi jangan salah, buah ini menawarkan banyak manfaat kesehatan. Kandungan serat di dalamnya membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Selain itu, melon jingga juga diperkaya vitamin A untuk menjaga kesehatan mata, dan sejumlah vitamin B seperti vitamin B6, dan B12 yang merupakan co-factor beberapa enzim metabolisme.

Buah pada dasarnya merupakan pilihan sehat untuk disajikan saat sarapan. Namun, menu sarapan yang ideal dan seimbang hendaknya terdiri dari karbohidrat kompleks, serat, protein dan lemak sehat agar kebutuhan nutrisi tubuh tercukupi dengan baik. (RFZ)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here