5 Cara Menstimulasi Kemampuan Bahasa Anak

0
5
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Melatih kemampuan anak khususnya kemampuan bahasa sejak dini memang penting. Dengan itu anak akan mampu berbicara mengungkapkan keinginan atau segala yang ada dipikirannya. Sebab, anak yang kemampuan bahasanya kurang akan berdampak pada emosional anak.

Seperti penelitian yang dilakukan oleh para ahli di Amerika serikat memberikan kesimpulan bahwa kecerdasan berbahasa anak akan mampu untuk meredam rasa emosional anak. Teredamnya emosional anak akan mencegah terjadinya hal lain atau cara pelampiasan yang kurang tepat karena kemampuan bahasa anak kurang, bisa jadi ia berani berbuat kasar atau marah denagan anak lain.

Penelitian lain juga dilakukan oleh para peneliti di Jamaica, kesimpulan dari penelitian tersebut yaitu bahwa stimulasi memiliki peran yang kuat dalam tumbuh kembang anak termasuk kemampuan bahasa. Oleh karena itu melakukan stimulasi kemampuan bahasa pada anak sangat penting. Untuk menstimulasi kemampuan bahasa anak, anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini:

  1. Bacakan dongeng atau cerita bergambar

Cara pertama untuk menstimulasi kemampuan bahasa anak adalah dengan membacakan cerita bergambar pada anak. Anda bisa melakukannya di saat berkumpul di ruang keluarga atau sebelum anak tidur. Rangsang anak dengan memperlihatkan gambar yang ada di buku dan ceritakan maksud dari gambar tersebut, sehingga kosakata anak akan bertambah.

  1. Bernyanyi bersama anak

Bernyanyi juga bisa digunakan untuk menambah kosakata yang dikuasai anak. Bernyanyi merupakan metode yang cukup memiliki pengaruh tinggi dalam kemampuan bahasa anak. Anda bisa menyanyikan lagu anak-anak bersama sang buah hati.

  1. Kembangkan kata-kata kepada anak

Saat pergi ke luar, anak akan melihat banyak hal baru sehingga rasa ingin tahu bertambah. Jika anak bertanya sesuatu, misalnya “Ibu itu apa?” ibu bisa menjawabnya dengan mengatakan bunga jika anak menunjuk bunga. Dan ibu bisa mengembangkan kata bunga menjadi “ itu bunga mawar berwarna merah”. Sehingga anak akan memahami suatu hal dengan berbagai kata.

  1. Ceritakan aktivitas anda

Ceritakanlah aktivitas anda kepada anak seperti memasak untuk anak anda, memandikannya atau lain sebagainya. Dengan memanfaatkan momen tersebut secara tidak langsung anda sedang menambah kemampuan bahasa anak.

  1. Berikan bantuan kata-kata saat anak kesulitan

Pada tahap belajar anak mungkin sesekali akan merasa kesulitan mengungkapkan idenya karena masih ada kosakata yang belum diketahui. Anda boleh saja membantu di saat momen tersebut dengan mengungkapkan ide yang ingin disampaikan oleh anak anda. (DKA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY