5 Cara Sederhana Kencangkan Perut Pasca Melahirkan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Setiap wanita yang pernah melahirkan pastinya akan iri kalau ada wanita lain yang perutnya kencang kembali dalam beberapa bulan setelah melahirkan. Ya, kulit perut wanita pasca melahirkan memang akan kendur dan bergelambir. Tentunya ini dapat menurunkan rasa percaya diri karena memengaruhi penampilan. Mengembalikan bentuk tubuh pasca melahirkan memang tidak mudah. Untuk Anda yang saat ini juga ingin mengencangkan perut pasca melahirkan, berikut adalah beberapa cara sederhana yang dapat membantu:

  1. Diet sehat

Mengonsumsi makanan sehat tentunya penting agar ASI makin berkualitas. Selain itu, menerapkan pola makan sehat juga membantu ibu mendapatkan berat badan yang sehat pasca melahirkan. Sebisa mungkin hindari konsumsi junk food. Tingkatkanlah konsumsi makanan kaya serat, seperti buah, sayuran, dan biji-bijian, agar pelepasan energi berjalan secara berkelanjutan.

Mengencangkan kulit tubuh setelah melahirkan juga memerlukan asupan protein yang cukup guna meningkatkan jumlah otot di tubuh. Dengan demikian, Anda perlu mengonsumsi makanan tinggi protein, seperti ikan, putih telur, dan kedelai. Untuk mengatur kalori yang masuk dan kadar gula darah tetap stabil, disarankan untuk makan dalam porsi kecil tapi frekuensinya sering.

  1. Minum cukup air putih

Minum air putih secara cukup setiap harinya sangat penting agar tubuh dapat bekerja maksimal dalam pengeluaran racun dari dalam tubuh. Selain itu, air putih juga membantu tubuh membakar kalori lebih efektif.

  1. Menyusui

Wanita yang menyusui pasca melahirkan mendapatkan banyak manfaat dari menyusui. Salah satunya membantu menurunkan berat badan. Menurut penelitian, menyusui dapat membakar kali hingga 500 kalori per hari dan memicu kontraksi yang dapat membantu mengecilkan rahim lebih cepat pasca melahirkan.

  1. Olahraga

Olahraga menjadi faktor penting lainnya jika Anda ingin mendapatkan perut yang kencang pasca melahirkan. Olahraga pasca melahirkan bisa dimulai dengan jalan kaki atau senam ringan. Jika Anda melahirkan secara normal, tunggu setidaknya enam minggu setelah melahirkan untuk kembali berolahraga. Jika Anda melahirkan secara caesar, waktu yang diperlukan mungkin lebih lama, sekitar 12 minggu. Sebaiknya berkonsultasi lebih dahulu dengan dokter untuk menentukan olahraga yang sesuai dengan kondisi Anda.

  1. Tidur yang cukup

Bagi wanita yang baru melahirkan, memenuhi kebutuhan tidur memang bukanlah hal yang mudah. Namun, sebisa mungkin usahakan untuk tidur yang cukup setiap harinya. Kurang tidur dapat menyulitkan Anda dalam menurunkan berat badan dan membuat Anda mudah stres dan kelelahan. (RFZ)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here