5 Jenis Gangguan Psikis Somatoform

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Penyakit pada tubuh memang tidak semuanya terjadi pada fisik saja. Ada juga penyakit yang menyerang psikis dan penyakit yang menyerang psikis biasanya memang lebih sulit dideteksi dibandingkan sakit fisik. Salah satu penyakit psikis yang sulit di deteksi yaitu gangguan somatoform.

Gangguan somatoform merupakan salah satu jenis penyakit yang menyerang psikis seseorang. Gangguan ini memiliki berbagai jenis. Untuk mengetahui jenis-jenis dari gangguan somatofrom, berikut penjelasannya:

  1. Gangguan somatis

Gangguan somatis merupakan jenis gangguan somatoform yang sulit dideteksi baik dengan pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan laboratorium karena gangguan somatis merupakan kumpulan dari berbagai keluhan atau gejala somatik. Gangguan somatik biasanya diderita pada usia sebelum 30 tahun dengan gejala seperti sakit kepala, lelah, sakit perut, alergi, jantung berdebar, gangguan menstruasi pada perempuan dan ketidakpedulian seksual.

  1. Gangguan nyeri

Gangguan nyeri bisa dirasakan oleh semua orang dengan penyakit tertentu dan lebih umum terjadi pada orang dewasa perbandingan wanita dan pria yaitu 2 banding 1. Jenis gangguan somatoform ini akan membuat penderitanya fokus pada rasa sakit yang begitu parah yang disebabkan karena faktor psikologis.

  1. Gangguan konversi

Berbeda dari jenis gangguan somatoform lainnya, gangguan somatoform konversi initerjadi pada fungsi fisik namun juga sulit untuk ditemukan. Gangguan konversi ini bisa terjadi secara tiba seperti tiba-tiba lumpuh tanpa diketahui penyebabnya. Anda perlu berhati-hati karena gangguan somatoform bisa menyerang di usia berapa saja.

  1. Hypochondriasis

Jenis somatoform yang dulu dikenal dengan neurosis hypocondriacal ini merupakan gangguan yang dapat menyerang orang dewasa, namun sekarang ini anak-anak maupun remaja juga berisiko terkena hypochondriasis. Orang yang menderita hypochondriasis akan mengalami ketakutan yang berlebihan terhadap penyakitnya atau ketakutan dalam kesehatan.

  1. Gangguan tubuh dismorfik

Gangguan tubuh dismorfik merupakan jenis gangguan somatoform dimana penderitanya akan merasa takut yang berlebihan dalam perubahan penampilannya. Penderita gangguan dismorfik biasanya memiliki riwayat operasi seperti operasi plastik, atau pengobatan cacat. Gangguan dismorfik ini merupakan jenis gangguan somatoform yang tergolong masih baru.

Itulah jenis-jenis dari gangguan somatoform yang bisa anda ketahui, karena sifatnya yang dapat menyerang segala usia, maka penting bagi anda untuk menjaga kesehatan psikis yang mana tidak kalah penting dengan kesehatan fisik. Merubah gaya hidup sehat dan melakukan rutinitas yang baik akan mengurangi resiko anda terkena gangguan somatoform ini. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here