5 Jenis Gangguan Psikologis yang Harus Dihindari

0
9
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Berbicara mengenai kesehatan mental tentu tidak akan lepas dengan terbebasnya kita dari gangguan psikologi. Namun apabila kita mengalami permasalahan psikologis tentunya kesehatan mental kita tidak akan baik dirasakan.

Sebagai manusia tentu kita pernah mengalami permaslaahan psikologis yang membuat kita merasakan stress, tertekan, depresi, dan lain sebagainya. Namun dengan adaptasi dan pencegahan kita yang kuat lah kita dapat terhindar dari gangguan psikologis tersebut. Namun jika kita tak mampu beradaptasi dan menghindari hal tersebut, maka bahaya dari gangguan psikologis akan kita hadapi.

Berikut ini adalah 5 jenis gangguan pskologis yang sebaiknya kamu hindari.

  1. Bipolar

Barangkali anda semua pernah mendengar dengan istilah ini, akan tetapi banyak yang belum paham dengan bipolar disorder itu sendiri. Bipolar disorder atau yang dapat disebut dengan gangguan bipolar merupakan sebuah gangguan yang mana munculnya disertai dengan 2 episode dari mood yang berbeda yang mana hal tersebut seringkali muncul pada diri penderitanya. Perlu juga diingat bahwasanya, bipolar ini termasuk ke dalam gangguan mood, dan bukan termasuk ke dalam gangguan kepribadian. Dalam bipolar ini, akan terdapat dua episode yang paling utama, yaitu muculnya episode manik atau hipomanik, hingga episode depresif yang mana ia muncul secara bergantian dalam rentang waktu tertentu.

  1. Narcism

Gangguan psikologis yang satu ini seringkali dikategorikan dengan perilaku untuk mempercantik dirinya sendiri ataupun menganggap bahwasanya dirinya menarik. Akan tetapi gangguan narsistik ini adalah sebuah kondisi dimana individu penderitanya memiliki sebuah rasa kepentingan yang amat besar. Gangguan kepribadian ini biasanya ditunjukkan dengan beragam ciri diantaranya adalah sebagai berikut;

  • Rasa kepentingan yang besar, seperti misalkan saja ia akan melebih-lebihkan hal yang dimilikinya dan berusaha untuk dapat tampil lebih superior di depan orang lain
  • Memiliki khayalan akan keberhasilan, kecerdasan, kekuatan yang tak terbatas
  • Selalu merasa bahwasanya dirinya adalah satu-satunya yang paling unik dan harus mendapatkan sebuah perlakuan yang khusus.
  • Cendrung tidak memiliki rasa empati.
  • Seringkali iri dengan yang dimiliki orang lain
  • Sombong
  1. Depresi

Gangguan psikologis selanjutnya adalah gangguan depresi. Depresi adalah sebuah kondisi dimana suasana hati amat sangat buruk dan kondisi ini telah berlansung dalam waktu yang sangat lama. Di saat seseorang mengalami depresi, biasanya para penderita akan merasakan kesedihan yang berkepanjangan, tak memiliki motivasi beraktivitas, hingga menginginkan untuk melakukan bunuh diri.

  1. ADHD

ADHD (Attention Deficit and Hyperactivity Disorder) adalah gangguan psikologis yang terjadi kemunculannya di usia anak. ADHD dapat mulai di lihat di saat anak-anak mulai berada di usia sekolah, dan mulai dapat melakukan aktifitas sosialisasi dengan orang lain.

ADHD merupakan gangguan psikologis yang memiliki 2 gejala yaitu adanya ciri-ciri hiperaktif dan juga memiliki kesulitan fokus dalam situasi maupun tugas tertentu yang terlihat pada anak-anak.

Itulah 4 gangguan psikologis yang harus di hindari. Jikalau memang salah satu keluarga anda mengalaminya maka sebaiknya segera menunjungi professional psikolog terdekat.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY