5 Makanan yang Sebaiknya Tidak Dihangatkan Berulang Kali

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Saat ada acara besar atau acara istimewa di rumah pasti anda akan menyiapkan berbagai macam makanan. Karena orang yang datang banyak maka makanan yang dipersiapkan juga harus banyak sehingga cukup atau tidak kurang, semua bisa makan.

Akan tetapi, saat makanan tersebut tersisa terlalu banyak pasti anda akan bingung. Jika dibuang maka sayang karena tentunya itu dalam jumlah banyak. Sehingga solusi yang anda pilih adalah dengan menghangatkannya agar keesokan harinya bisa dikonsumsi kembali.

Saat menghagatkannya sekali mungkin makanan akan tetap aman. Akan tetapi jika anda menghangatkan makanan berulang kali maka makanan tersebut akan menjadi berbahaya bagi tubuh yaitu menganggu kesehatan anda dan juga nutrisi yang terkandung dalam makanan sudah hilang atau bahkan bisa menjadi racun bagi tubuh anda. Beberapa makanan yang tidak boleh anda hangatkan berulang kali yaitu:

  1. Bayam

Sayur hijau yang segar bila dimasak ini apalagi jika di santap dengan sambal maka akan semakin nikmat. Bayam merupakan sayur yang kaya akan protein dan zat besi yang terbentuk dalam bentuk nitrat. Karena kandungan nitratnya tersebut maka sayur bayam yang dimasak hanya boleh dimasak satu kali. Jika berulang kali maka nitrat yang sehat dalam sayur bayam akan berubah menjadi nitrit dimana beracun bagi tubuh anda.

  1. Ayam

Daging yang satu ini merupakan favorit semua orang. Ayam bisa diolah dengan berbagai cara seperti di goreng, dibuat semur atau opor atau juga sebagai isian makanan lain karena rasanya yang lezat. Ayam memang memiliki kandungan protein. Tapi jika dipanaskan kembali dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

  1. Jamur

Selain bayam, ada juga sayur yang harus habis dimakan dalam sehari jika sudah dimasak yaitu jamur. Jamur tidak boleh dipanaskan karena kompleksitas dalam komposisi protein di dalamnya.

  1. Kentang

Saat anda menumis kentang atau membuatnya menjadi sup hindari memanaskan secara berulang karena jika kentang yang dipanaskan secara berulang kali dan cara penyimpananya tidak baik maka kentang justru menjadi sarang pertumbuhan bakteri. Hal itu terjadi karena kentang mengandung uap air yang tidak boleh sembarangan untuk dipanaskan.

  1. Telur

Telur adalah protein yang paling mudah didapatkan setelah tempe dikarenakan harganya yang cukup mudah untuk dijangkau. Telur yang dipanaskan dalam suhu terlalu tinggi juga dapat menjadi media pertumbuhan bakteri. Jadi hindari memanaskan telur berulang kali. (DKA)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here