5 Manfaat Buah Ceri untuk Kesehatan Badan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Ceri adalah buah yang berbentuk kecil seperti kelereng, ada yang berwarna merah kehitaman, ungu kemerahan atau kuning (tergantung jenisnya) serta dengan rasa yang manis khas, namun ada juga yang rasanya masam. Buah leci memiliki banyak istilah, beberapa masyarakat di Indonesia menyebutnya dengan buah kersen dan baleci. Buah ini memiliki tampilan yang cantik sehingga harganya pun tak cukup murah. Biasnya, buah ceri digunakan sebagai penghias di atas makanan terutama kue-kue ulang tahun.

Tahukah Anda kandungan-kandungan yang terdapat di dalam buah ceri? Menurut penelitian Julia F Morton pada tahun 1987, buah ceri mengandung 12 senyawa diantaranya air, lemak, protein, serat, vitamin B, vitamin C, mineral seperti kalsium, fosfor, zat besi, serta kandungan lainnya adalah karotin, niacin dan ribaflavin. Nampak jelas bahwa kandungan-kandungan tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Dari fakta-fakta ilmiah yang selama ini telah ditemukan, ternyata buah ceri memiliki beragam manfaat bagi tubuh kita. Manfaat tersebut mendukung dalam kesehatan kita karena komponen yang ada di dalam buah ceri dapat mencegah beberapa macam penyakit.

Apa sajakah manfaat buah ceri untuk kesehatan tubuh? Berikut adalah  5 manfaat dari buah ceri.

  1. Anti kanker

Penelitian baru-baru ini membuktikan bahwa buah ceri mampu untuk menghentikan pertumbuhan sel kanker yaitu dengan cara menghambat pasokan protein yang dibutuhkan oleh sel kanker. Macam-macam kanker yang dapat dihambat pertumbuhannya yakni akanker pankreas, lambung, kolon, kulit dan hati.

  1. Anti peradangan

Orang yang mengonsumsi buah ceri sekitar 45 buah per hari selama satu bulan, bisa terjadi reaksi penurunan peradangan dengan ditandai 3 indikator yakni nitrit oxide, C-reactive, protein dan T-cell activation. Penurunan tersebut bisa mencapai 18-25%. Peradangan dapat terjadi sewaktu-waktu dan dapat menyebabkan tubuh kita sakit. Akan tetapi, lebih baik kita mengonsumsi buah ceri secukupnya.

  1. Menurunkan kadar asam urat

Asam urat yang tinggi biasanya membuat tubuh kita menjadi nyeri, terutama di bagian kaki. Penelitian juga telah menemukan bahwa terjadi penurunan kadar asam urat yang signifikan pada wanita yang mengonsumsi buah ceri. Buah ceri dipercaya dapat menghambat aktivitas xanthine oksidase, salah satu enzim yang memiliki tugas dalam pembentukan asam urat.

  1. Mengurangi rasa sakit

Senyawa antioksidan yang ada dalam vitamin C buah ceri ternyata dapat menghambat cycloaxygenase, suatu enzim di dalam tubuh kita yang memproduksi prostaglandin. Prostaglandin aktif ketika tubuh merasa sakit, buah leci dapat menghambat kerja prostaglandin dengan menurunkan respon sakit.

  1. Mengatasi gangguan tidur

Ceri dengan varietas montmorency cherries mengandung 0-1-0,3 mg melatonin per porsi. Dosis tersebut sudah cukup efektif untuk mengatasi gangguan tidur. Apabila kebutuhan istirahat kita terpenuhi, maka tubuh akan mnejadi lebih sehat. (SPT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here