5 Menu Makanan Ibu Hamil Agar Anak Cerdas Sejak Dini

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Daftar menu makanan ibu hamil agar anak cerdas haruslah mengandung nutrisi dan berbagai macam protein, AA – DHA, asam lemak, asam amino, omega 3, 6, 9 dan lainnya. Nutrisi-nutrisi tersebut sangat berperan dalam perkembangan otak janin di dalam kandungan. Seperti diketahui bahwa awal perkembangan kecerdasan anak adalah sejak di dalam kandungan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi awal kecerdasan anak tersebut, diantaranya adalah pola hidup sehat orang tua, gen atau keturunan, serta juga ditentukan oleh nutrisi yang diberikan ibu kepada janin. Semakin kebutuhan nutrisi-nutrisi yang telah disebutkan di atas terpenuhi, maka semakin maksimal pula perkembangan otak janin di dalam kandungan.

Selain nutrisi untuk perkembangan kecerdasan otak anak, dibutuhkan juga nutrisi lain selama kehamilan. Seorang ibu hamil diharuskan untuk bisa menjaga asupan nutrisi dan kebutuhan gizi bagi dirinya maupun janin di dalam kandungan agar kesehatannya tetap terjaga sampai proses persalinan tiba. Memiliki anak yang sehat dan cerdas tentu menjadi impian bagi semua orang tua. Untuk mendapatkan nutrisi dan gizi tersebut dapat diperoleh dari jenis makanan berikut ini.

  • Kacang Tanah

Jenis makanan ini hanya disarankan kepada ibu hamil yang memang tidak mempunyai alergi terhadap kacang tanah atau sejenisnya. Selain rasanya yang enak dan cocok sebagai cemilan, kacang tanah mengandung banyak protein dan juga asam folat yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Mengonsumsi kacang tanah pada awal kehamilan bisa membantu mencegah cacat otak pada anak atau tulang belakang anak yang masih berada di dalam kandungan. Namun Anda tetap harus menjaga porsi makannya agar kesehatan tubuh juga tetap terjaga. Setiap porsinya, konsumsilah sekitar 2 sendok makan kacang tanah yang telah dikupas.

  • Daging Sapi Matang

Jenis makanan untuk ibu hamil agar anak cerdas sejak dini selanjutnya adalah daging sapi yang sudah dimasak. Daging sapi matang ini mengandung cukup banyak zat besi dan protein. Protein sangat bermanfaat bagi janin terutama sebagai pembentukan otot, enzim, struktur tulang, dan juga sistem kekebalan tubuh. Selain bermanfaat untuk janin, mengkonsumsi daging sapi matang juga bermanfaat bagi sang ibu karena zat besi yang terkandung dapat membantu produksi hemoglobin dan menjauhkan ibu dari risiko melahirkan prematur. Saat Anda mengkonsumsi daging sapi matang, makanlah satu potong daging sapi atau sekitar 35 gram yang tanpa lemak.

  • Ikan Salmon

Mungkin makanan ibu hamil agar anak cerdas yang satu ini cukup sulit ditemukan. Namun apabila Anda tinggal di kota-kota besar, menemukan ikan salmon cukup mudah, apa lagi Anda bisa menemukan berbagai olahan ikan salmon di restoran-restoran. Ikan ini mengandung gizi yang sangat tinggi, seperti asam lemak esensial, protein, omega 3, juga AA dan DHA yang dinilai sangat bermnafaat bagi perkembangan otak janin di dalam kandungan. Namun, sebaiknya hindari mengkonsumsi ikan salmon mentah, karena dikhawatirkan ikan tersebut masih terkontaminasi dengan bakteri berbahaya.

  • Telur

Makan telur juga bisa membuat anak cerdas sejak dini saat masih berada di dalam kandungan. Makanan ini mengandung banyak umer protein dan lemak yang sangat kaya akan vitamin serta mineral yang banyak manfaatnya untuk ibu hamil. Sel tubuh bayi yang masih berkembang di dalam kandungan membutuhkan asupan protein yang cukup banyak untuk bisa tumbuh dan berkembang. Makanan ibu hamil agar anak cerdas yang mudah ditemui ini juga mengandung kolin dan asam lemak omega 3 yang dapat membantu otak dan pengelihatan anak. Dalam satu kali konsumsi, makanlah 1 telur berukuran besar atau sekitar 50 gram telur.

  • Daging Ayam

Selain daging sapi matang, daging ayam juga sangat bagus untuk perkembangan otot anak, karena kandungan proteinnya yang sangat tinggi. Daging ayam juga mengandung vitamin-vitamin lain, seperti vitamin B yang dapat memperlancar metabolisme tubuh. Bagian terbaik untuk dikonsumi adalah dada ayam, karena pada bagian itu terkandung banyak protein, lebih rendah lemak dan rendah kolesterol. Nutrisi-nutrisi tersebut juga sangat bermanfaat selama proses perkembangan janin. (AGT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here