5 Olahraga yang Membantu Tinggi Badan Bertambah

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Tubuh tinggi proporsional adalah idaman hampir tiap orang. Tapi, tak semua orang bisa memiliki tinggi tubuh yang diinginkannya tersebut. Nah, sejumlah olahraga bisa membantu badan seseorang bertambah tinggi.

  1. Berenang

Berenang adalah olahraga yang banyak membantu dalam mendapatkan tubuh yang tinggi. Perenang di seluruh dunia memiliki tubuh yang ramping dan tinggi (dengan tubuh bagian atas yang lebih panjang dibandingkan dengan bagian bawah tubuh). Hal itu disebabkan karena berenang dapat membantu Anda untuk memperkuat tulang belakang tubuh Anda dan membantu Anda untuk mencapai postur tubuh yang baik. Ketika Anda berenang, seluruh otot tubuh Anda akan bergerak. Selain itu, Anda akan mengambang secara horizontal di air. Bergerak di dalam air membutuhkan usaha yang lebih besar dibandingkan bergerak di udara. Ini berarti dada dan tubuh bagian atas Anda secara konstan melakukan peregangan dan kontraksi yang dapat meningkatkan pertumbuhan tubuh bagian atas.

  1. Lompat tali (skipping)

Lompat tali atau skipping adalah satu hal yang harus Anda pelajari ketika mencoba untuk mencapai tinggi badan maksimal. Lompat tali dapat meningkatkan suplai darah dan mengerahkan tekanan pada tulang panjang tubuh untuk tumbuh lebih tinggi.

  1. Basket

Hal yang sama juga berlaku untuk basket. Olahraga ini mengharuskan pemainnya sering berlari dan melompat untuk memantulkan bola ke ring basket. Ketika tubuh Anda berlari dan melompat secara konstan, lempeng pertumbuhan Anda akan mengalami serangkaian guncangan. Hal ini dapat menyebabkan banyaknya aliran darah ke dalam lempeng tersebut yang membantu merangsang pertumbuhan hingga mencapai tinggi maksimal. Saat bermain basket, seorang atlet harus melompat sepanjang waktu untuk slam dunk, melempar bola, atau mengambil bola dari lawan. Loncatan konstan ini membuat tubuh Anda terbang secara vertikal di udara dengan melawan gravitasi dan mengakibatkan peregangan otot. Hal inilah yang menyebabkan otot dan tulang tumbuh lebih tinggi.

  1. Bersepeda

Tidak hanya membantu meningkatkan stamina Anda, bersepeda juga membuat Anda lebih tinggi. Ketika Anda bersepeda, tubuh bagian bawah Anda dikenakan tugas yang bera, sehingga hal ini dapat meningkatkan aliran darah pada lutut dan otot paha yang merangsang pertumbuhan.

  1. Bergelantungan (vertical hanging)

Bergelantungan dengan posisi vertikal mungkin terdengar seperti latihan sederhana. Tapi, ini adalah salah satu latihan yang dapat meningkatkan tinggi badan. Latihan ini dapat memperluas kartilago di tulang belakang dan membuatnya tumbuh, menyebabkan perpanjangan tulang belakang.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah olahraga tertentu bukanlah faktor tunggal yang mempengaruhi tinggi badan seseorang. Faktor-faktor lainnya yang mempengaruhi antara lain genetika, nutrisi, penyakit kronis, dan bagaimana orang tersebut menapaki masa pubertasnya. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here