5 Penyakit yang Menyebabkan Timbulnya Jantung Koroner

0
3
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Seperti yang diketahui jika penyakit jantung koroner menjadi momok yang cukup menakutkan di dunia. Pasalnya jantung koroner menjadi penyakit teratas penyebab kematian mendadak. Tahun demi tahun, penderita penyakit jantung koroner semakin bertambah.

Pertanyaannya mengapa setiap tahun selalu terjadi peningkatan pada korban penyakit jantung koroner ini? Rupanya gaya hidup yang tidak sehat turut memberi peran terjadinya hal tersebut. Tanpa disadari gaya hidup tidak sehat yang dianut dapat membawa seseorang semakin berpeluang terserang berbagai penyakit, salah satunya jantung koroner.

Kebiasaan-kebiasaan negatif yang dimaksud seperti mengonsumsi makanan yang memiliki kadar gula dan kolesterol tinggi, jarang melakukan olah raga, merokok, minum-minuman keras, atau aktif begadang sehingga mengganggu waktu beristirahat.

Gaya hidup yang tidak sehat memang tidak langsung menyebabkan munculnya penyakit jantung, namun diawali dengan penyakit-penyakit lainnya. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini 5 penyakit yang bisa menyebabkan timbulnya penyakit jantung.

  • Penyakit kolesterol tinggi

Seperti yang diketahui jika kadar kolesterol yang tinggi dapat mengakibatkan lemak menumpuk di sekitar pembuluh darah koroner. Kondisi tersebut tentu saja menyebabkan darah menjadi sulit mengalir ke berbagai organ, tidak terkecuali jantung. Salah satu penyebab tingginya kolesterol adalah kebiasaan mengonsumsi makanan berkolesterol.

Kolesterol yang tinggi bisa menyebabkan munculnya penyakit jantung. Seseorang apabila tidak mau terserang kolestrol, maka dapat memilih makanan yang mengandung kolesterol rendah. Misalnya saja kacang-kacangan, ikan mujahir, daging ayam tanpa kulit, atau ikan kembung.

  • Penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi)

Penyakit hipertensi dapat menyebabkan jantung bekerja menjadi lebih keras. Kondisi tersebut apabila tidak segera ditangani, maka bisa meningkatkan risiko munculnya penyakit jantung koroner. Sebenarnya penyebab penyakit hipertensi tidak jauh berbeda dengan penyebab penyakit jantung. Milsalnya saja kebiasaan mengonsumsi alkohol, faktor keturunan, hingga kurangnya olahraga.

  • Penyakit obesitas (berat badan berlebih)

Berlebihan berat badan atau obestitas juga bisa memiliki peluang munculnya risiko terserang penyakit jantung. Batasan yang umumnya menjadi acuan adalah BMI (Body Mass Index). Nilai BMI antara 18.5-24.9 dikategorikan sebagai berat badan yang normal. Sementara nilai 25–29.9 dianggap sebagai berat badan yang berlebih, sedangkan nilai BMI yang lebih dari 30 dikategorikan obesitas.

  • Penyakit stres atau depresi

Depresi atau stres cukup berpotensi mengakibatkan penyempitan pada pembuluh darah. Kondisi ini akhirnya menyebabkan tekanan darah, sehingga memperbesar peluang terjadinya serangan jantung. Di satu sisi orang yang menderita stres atau depresi memiliki peluang 2 hingga 3 kali lebih besar untuk menderita penyakit jantung koroner.

  • Penyakit diabetes mellitus

Penyakit diabetes mellitus diakibatkan oleh kadar gula darah yang tinggi. Kondisi tersebut dapat mengakibatkan munculnya penyumbatan di arteri koroner, sehingga membuat aliran darah ke jantung tidak lancar. Seseorang perlu mengurangi makanan yang berkadar gula tinggi guna menghindari penyakit diabetes mellitus. (APY)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY