5 Penyebab Penis Berubah Warna Menjadi Keunguan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Penis pada umumnya memiliki sedikit perbedaan warna. Biasanya warna kulit pada penis sedikit lebih gelap dari warna kulit sekitarnya dan perbedaan warna tersebut merupakan suatu keadaan yang normal.

Namun bagaimana jika penis berubah menjadi warna keunguan? Menurut Dr. S. Adam Ramin, MD, sebagai direktur medis spesialis kanker Urologi, terdapat dua kondisi yang memungkinkan penis berubah warna menjadi keunguan atau merah tua yaitu sebelum atau saat berhubungan seks atau saat masturbasi.

Penis berwarna gelap yaitu ungu, ungu kemerahan atau biru memar merupakan indikasi bahwa penis dalam keadaan yang tidak normal. Kondisi tersebut sebagai ciri adanya cedera pada jaringan utama peredaran darah.

Apa saja yang menjadi penyebabnya? Mari simak ulasan berikut ini:

  1. Memar pada Penis

Keadaan memar terjadi saat pembuluh darah pecah dan menyebabkan kebocoran dibawah permukaan kulit. Hal inilah kemudian timbul warna keunguan pada penis. Penyebab utama dari memar pada penis yaitu dikarenakan seks yang kasar terutama gaya (doggy style) dan seks yang terlalu kuat. Seringnya melakukan onani, penis terjepit diantara resleting dan penis terkena benturan atau pukulan yang keras.

  1. Munculnya Purpura

Purpura sering disebut dengan bintik darah seperti noda ungu kemerahan pada kulit, tidak terkecuali kulit penis. Bintik tersebut terjadi saat pembuluh darah dibawah kulit mulai bocor dan bukan merupakan luka pada penis. Munculnya purpura ini merupakan hasil dari reaksi autoimun atau sistem kekebalan tubuh yang menyerang pembuluh darahnya sendiri sehingga  menyebabkan peradangan.

Indikasi terjadinya purpura dikaitkan dengan beberapa kondisi seperti pembengkakan pembuluh darah, perdarahan atau pembekuan darah, kekurangan nutrisi atau dari efek samping obat.

  1. Alergi terhadap Obat

Obat seringkali dapat membuat reaksi alergi. Beberapa obat tersebut yaitu golongan antibiotik, anti kejang, penghilang rasa sakit dan pengencer darah. Menurut peneliti, pria lebih rentan terkena ruam keunguan pada kulit.

Beberapa kasus, reaksi alergi dari obat ini dapat menjadi lebih parah, biasanya disebut dengan sindrom Stevens Johnson. Sondrom ini menyebabkan ruam merah dan keunguan pada bagian tubuh tidak terkecuali pada alat kelamin pria. Selain itu, reaksi tersebut juga disertai dengan pengelupasan kulit dan rasa sakit.

  1. Penyakit Kelamin

Penyakit kelamin yang mengarah pada perubahan warna pada penis yaitu sifilis dan herpes genital. Tanda awal dari herpes genital yang sering muncul yaitu lecet, timbul warna merah atau ungu, keluar cairan jernih atau kekuningan. Sedangkan tanda awal sifilis yaitu bintik merah keunguan namun tidak nyeri. Selain itu gejalanya disertai dengan rasa sakit dan perih, rasa panas terbakar, demam dan gatal.

  1. Hematoma

Hematoma umumnya merupakan keadaan memar yang terasa kencang dan terjadi di dalam jaringan organ. Hematoma dapat terjadi pada bagian tubuh termasuk juga di penis. Kondisi ini menyebabkan perdarahan dan hilangnya aliran darah sehingga terkadang penis akan berubah warna menjadi keunguan. (MLD)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here