5 Perubahan Terjadi pada Pria Setelah Usia 30 Tahun

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Setiap manusia pasti akan mengalami masa penuaan dan seiring dengan bertambahnya usia tak bisa membohongi perubahan fisik yang terjadi, bukan hanya pada wanitam namun juga para pria.

Saat masih berusia remaja atau di bawah 20 tahunan, pria biasanya berada dalam kondisi fisik yang paling enerjik dan aktif. Di samping energi yang berlebih, banyak pria rajin berolahraga untuk melatih otot sehingga memiliki postur tubuh ideal. Namun, setelah usia 30 tahun, pria cenderung mengalami penurunan fleksibilitas pada otot mereka, sehingga otot cenderung melunak. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti kesibukan bekerja dan rutinitas lainnya yang membuat berkurangnya waktu untuk berolahraga. Selain otot, bagian perut dari pria berusia 30 tahunan biasanya semakin membesar. Ini disebabkan karena kemampuan tubuh pria untuk membakar kalori juga ikut menurun seiring dengan bertambahnya umur dan lemak cenderung bertumpuk di bagian perut.

Berikut ini ada beberapa perubahan fisik yang dirasakan pria setelah berusia 30 tahun ke atas. Beberapa kondisi perlu diperhatikan karena bisa membahayakan kesehatan Anda, di antaranya sebagai berikut.

  1. Risiko kanker prostat

Beberapa pria yang berusia di atas 30 tahun akan mulai mengembangkan risiko penyakit kanker prostat. Biasanya gejala yang bisa dirasakan dan dilihat adalah timbul rasa sakit saat buang air kecil,  sering buang air kecil saat malam hari, disfungsi ereksi, dan sebagainya.

  1. Masalah otot

Setelah seorang pria berumur 30 tahun, jaringan ototnya juga akan mengalami penurunan kontraksi dan fleksibilitasnya. Bagi anda yang ingin menghindari kemunduran fisik ini, ada baiknya anda tetap melakukan aktivitas olahraga setiap harinya. Hal ini berfungsi untuk menjaga agar tubuh tetap bugar dan sehat, serta menghindari nyeri sendi. Anda tidak perlu melakukan olahraga berat seperti angkat beban, cukup lakukan olahraga ringan asal rutin dilakukan setiap hari.

  1. Lemak menumpuk di perut

Jika Anda pernah membandingkan antara pria berusia belasan hingga 20 tahunan dengan pria di atas 30 tahun, hal pertama yang mudah dilihat adalah kondisi perutnya. Ini karena semakin tua usia pria, maka tubuh pria akan membakar lebih sedikit kalori. Kondisi ini membuat penumpukan kalori di tubuh pria lebih banyak.

  1. Masalah jantung

Seiring bertambahnya usia seorang pria juga berdampak pada  melemahnya kesehatan jantung. Saat berusia di atas 30 tahun, jantung pria lebih sedikit memompa darah dan kecenderungan menumpuk kolesterol. Apabila pola makan anda tak diperhatikan, Anda bisa saja terkena penyakit kolesterol yang nantinya diikuti penyakit kardiovaskular, seperti stroke, penyumbatan arteri, dan serangan jantung.

  1. Menurunnya Hormon Testosteron

Pria di atas 30 tahun memiliki potensi mengalami penurunan hormon testosteron sehingga akan berdampak pada menurunnya gairah saat di atas ranjang. Apabila dibiarkan, kondisi ini bisa menyebabkan masalah rumah tangga Anda dan depresi, sehingga memengaruhi kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here