5 Tanda Penis Pria Bermasalah

0
3
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Penis merupakan bagian tubuh yang memerlukan perhatian khusus. Pria sebaiknya melakukan perawatan rutin untuk mendapatkan penis yang sehat dan berfungsi dengan baik. Ini perlu dilakukan mengingat penis sering dijadikan simbol kejantanan.

Bila perhatian atau perawatan terhadap penis tidak dilakukan, maka penis berpotensi terkena berbagai masalah kesehatan. Berikut adalah lima tanda penis pria bermasalah:

  • Patch

Pria akan melihat bintik kemerahan, kulit berbulu, seperti beludru, di penis, tepat di bawah kepala. Pria bisa saja berpikir itu lecet dan itu benar. Ryan Terlecki, MD, seorang urolog di Wake Forest University Baptist Medical Center menjelaskan, jika patch tidak menyakitkan atau sensitif. Namun, patch merah bisa menjadi tanda kanker penis. Jika kanker terdeteksi cukup dini, pengobatan topikal atau operasi bisa mengatasinya. Tetapi, jika Anda menunggu terlalu lama, sebagian atau seluruh penis mungkin harus diangkat.

  • Mengkerut

Maksudnya, kulit kepala penis terasa sedikit mengkerut, seperti kemeja yang menyusut ketika dicuci. “Apakah Anda merasa sakit? Anda bisa berurusan dengan sesuatu yang disebut lichen sclerosus, kondisi kulit yang mungkin disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon atau sistem kekebalan tubuh,” kata Dr Terlecki. Jika tidak diobati, lichen sclerosus dapat menyebabkan kanker atau penyumbatan total di saluran kemih. Pria yang tidak disunat lebih rentan mengalami masalah ini.

  • Melengkung

Sejumlah penis dapat memiliki sedikit lekukan, bahkan saat ereksi. Kondisi ini termasuk umum dan tidak memerlukan kekhawatiran besar, terutama jika lekukan ini telah ada sejak bayi. Namun, jika penis Anda tiba-tiba bengkok akibat Peyronie’s disease–yang merupakan penumpukan plak jinak–dan menimbulkan nyeri saat seks, segera hubungi dokter.

  • Darah di pipis

Jika Anda melihat ada darah dalam urine Anda, itu bisa menjadi tanda batu ginjal atau pembesaran prostat. Jika urine tampaknya baik-baik saja, tetapi Anda melihat ada sedikit bercak darah dalam celana atau pakaian, jangan panik. Sebaliknya, kata Dr. Terlecki, periksalah skrotum dan poros apakah ada seperti cherry atau bintik berwarna biru. Jika noda tersebar dan tampaknya menjadi sumber darah, maka hampir pasti angiokeratomas, yang tidak berbahaya. “Tetapi jika mereka berkumpul bersama dalam sebuah patch dan terutama jika patch gatal, Anda mungkin berurusan dengan penyakit Paget, yang akan membutuhkan operasi pengangkatan,” lanjut Dr. Terlecki.

  • Peregangan bergelombang

Kanker testis menjadi penyakit yang paling umum pada pria berusia 15 sampai 35 tahun. Tanda-tandanya mengeras, massa yang tak nyeri, atau benjolan di bola. Jika ketahuan lebih cepat, 99% kasus bisa disembuhkan.

Jadi, sangatlah penting untuk merawat penis. Hal ini karena perawatan penis tidak hanya untuk kesehatan organ reproduksi pria saja, melainkan untuk kepuasan pasangan juga. (SBA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY