5 Tips Cara Memilih Daging Sapi Sehat Tanpa Borax atau Formalin

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Daging sapi merupakan salah satu sumber protein yang cukup tinggi, jika dibandingkan dengan daging ayam atau kambing. Daging sapi walaupun harganya mahal, nyatanya masih menjadi alternatif pilihan keluarga Indonesia sebagai menu makanan sehari-hari. Lantas bagaimana cara memilih daging sapi yang sehat tanpa borax atau formalin?

Memilih daging sapi di pasar memang tidak mudah. Apabila tidak teliti konsumen bisa tertipu karena mendapatkan daging yang sudah diberikan bahan pengawet seperti borax atau formalin. Untuk yang sudah terbiasa membeli, mungkin tidak terlalu rumit untuk memilih daging yang sehat. Namun bagi seseorang yang jarang berbelanja, tentu saja harus lebih berhati-hati. Berbagai kecurangan penjual daging sapi bisa saja terjadi.

Bentuk kecurangan tersebut seperti daging yang busuk, daging yang di gelonggong, daging yang dioplos, hingga daging yang diberi pengawet borax atau formalin. Aneka menu masakan yang menjadikan daging sapi sebagai bahan baku, memang lezat dan menggugah selera. Hanya saja daging tidak sehat yang menjadi bahan olahan, akan memunculkan masalah bagi kesehatan.

Perhatikan warna daging sapi, segar atau tidak

Untuk membedakan daging sapi yang terkontaminasi borax/formalin atau tidak, lihat warnanya. Warna yang muncul juga bisa membedakan apakah daging tersebut sisa kemarin (busuk) atau tidak. Daging yang segar dan berkualitas akan memiliki warna merah segar, tidak kotor, dan tidak pucat.

Perhatikan tekstur daging sapi

Seseorang sebelum membeli daging sapi, cobalah untuk menekan daging itu. Apabila saat ditekan teksturnya agak kenyal dan posisinya cepat kembali seperti semula, maka daging itu masih baik. Sebaliknya apabila daging tersebut saat ditekan terasa sangat lembek, maka harus berhati-hati. Bisa saja daging tersebut sudah tidak baik.

Cium aroma pada daging sapi

Aroma daging sapi yang berkualitas, tidak berbau busuk dan juga tidak berbau bahan kimia. Seseorang sebelum membeli daging sapi harus memastikan bahwa daging tersebut berbau segar. Jangan memilih yang berbau busuk atau berbau bahan kimia, karena bisa saja daging tersebut sudah tercampur borak/formalin.

Hindari memilih daging sapi yang berair

Di pasar tradisional, penjual daging sapi biasanya menaruh daging dengan posisi digantung. Pastikan seseorang untuk memilih daging sapi yang tidak berair. Daging sapi yang berair bisa menjadi indikasi bahwa daging tersebut glonggongan atau pun sudah tercampur bahan kimia. Pasalnya dengan kandungan air yang banyak, aroma kimia yang ada pada daging tidak mudah tercium.

Hindari membeli daging sapi yang terlalu beku

Untuk mendapatkan daging yang berkualitas baik, seseorang perlu menghindari daging yang dijual dalam keadaan sangat beku. Meski daging yang beku dianggap baik, namun kesegarannya belum bisa terjamin. Daging yang sangat beku sulit untuk diteliti tekstur dan aromanya, apakah telah dicampur bahan kimia atau tidak. (APY)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY