5 Tips Hidup Sehat Bagi Penderita Diabetes

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Penderita diabetes memerlukan penanganan berkesinambungan untuk menjaga kadar gula dalam darahnya. Penanganan tersebut berarti menjalani pola hidup sehat yang konsisten. Berikut adalah beberapa tips hidup sehat bagi penderita diabetes:

  • Makan sehat

Didiagnosis diabetes bukan berarti tidak bisa makan enak. Anda tetap bisa makan enak asalkan yang sehat dan seimbang. Selain itu, penderita diabetes harus makan teratur dan tepat waktu. Diabetesi harus memilih jenis makanan sehat yang tepat. Hindari makanan yang mengandung gula atau jenis karbohidrat sederhana, seperti makanan manis, madu, susu kental manis. Namun, bukan berarti Anda harus menghindari karbohidrat dan gula sama sekali.

  • Makan dengan porsi seimbang

Setiap orang sebenarnya harus mengonsumsi makanan dengan jumlah yang sesuai kebutuhannya. Kebutuhan kalori setiap orang akan berbeda, tergantung jenis kelamin, kondisi kesehatan, berat badan, dan tinggi badan.

  • Batasi karbohidrat

Untuk mencegah penumpukan gula di darah, maka konsumsi gula dan karbohidrat harus dibatasi. Penyajiannya dalam menu makan hendaknya cukup 60-70 persen dari kebutuhan energi.

  • Mudahnya, jika 1/4 dari porsi makan diisi karbohidrat maka kebutuhan energi sudah tercukupi.

Lauk pauk cukup 1/4 porsi, dan porsi paling besar yakni 1/2 adalah jatah untuk sayur-sayuran. Penderita diabetes juga dianjurkan mengonsumsi sayuran secara rutin. Sayuran mengandung banyak serat, salah satu bentuk karbohidrat yang tidak diserap oleh tubuh. Selain baik untuk perncernaan, sayur memiliki Glycemic Index (GI) dan Glycemic Load (GL) yang sangat rendah sehingga baik untuk orang yang mengalami gangguan fungsi insulin.

  • Makan sayur terlebih dulu

Penelitian mengatakan bahwa urutan makanan yang dimakan ternyata memiliki pengaruh terhadap kadar gula darah. Hal ini dikatakannya dapat membantu pasien diabetes tipe 2 untuk mengontrol gula darah atau pengidap obesitas yang ingin menurunkan berat badan. Terdapat potensi serat yang dimakan terlebih dahulu menghambat penyerapan karbohidrat. Akibatnya, glukosa menjadi lebih sulit terserap tubuh dan kadar gula darah tidak meningkat tajam. Pada praktiknya, misalnya, semangkuk salad sebelum makan merupakan cara yang baik untuk mengontrol gula darah. Hal ini juga akan bermanfaat bagi orang yang sedang melakukan program penurunan berat badan.

  • Olahraga rutin

Tak kalah penting adalah olahraga. Anda tidak harus bergabung ke dalam klub olahraga tertentu atau pergi ke gym. Sebagai gantinya, Anda bisa jalan kaki santai, atau bersepeda. Rutin melakukan olahraga setiap hari dalam seminngu, setidaknya 30 menit sehari. Gaya hidup aktif akan membantu Anda mengendalikan diabetes dengan menurunkan gula darah. Selain itu, ini juga dapat menurunkan risiko Anda terkena penyakit jantung dan membantu menurunkan berat badan serta mengurangi stres. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here