6 Buah yang Baik untuk MPASI

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bayi yang berada pada rentang usia 6 sampai 24 bulan rentan mengalami malnutrisi. Oleh karenanya, bayi memerlukan asupan gizi tambahan dari MPASI selain ASI itu sendiri. Mengapa harus 6 bulan? Di usia tersebut, pencernaan bayi bisa dikatakan sudah siap mencerna makanan padat. Salah satu jenis makanan yang bisa diberikan dalam tahap perkenalan MPASI adalah buah-buahan.

Kandungan vitamin dan mineral dalam buah sangat baik untuk mendukung tumbuh kembang bayi yang optimal. Meski pada umumnya buah itu sehat, buah yang dipilih untuk MPASI sebaiknya buah yang bertekstur lembut dengan rasa yang manis mengingat pencernaan bayi masih dalam tahap penyempurnaan. Berikut adalah beberapa buah yang baik untuk MPASI:

  1. Pisang. Selain teksturnya lembut dan rasanya manis, pisang memiliki berbagai kandungan nutrisi penting, seperti folat, kalium fospor dan vitamin A. Cara penyajian pisang sebagai MPASI pun cukup mudah. Anda hanya perlu mengeruk daging buahnya agar tekstur pisang menjadi lebih lembut. Anda dapat menyajikannya sebagai campuran bubur atau pure.
  2. Pepaya. Pepaya termasuk buah yang cukup mudah disajikan sebagai MPASI. Buah ini hanya perlu dikeruk daging buahnya lalu kemudian diberikan kepada bayi. Kandungan gizi di dalamnya antara lain folat, kalium, kalsium, zat besi, serat, serta vitamin A, C, E, dan B kompleks. Nilai lebihnya, pepaya termasuk buah yang mudah didapat dan harganya relatif murah.
  3. Tomat. Tomat memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi ditambah serat, magnesium, kalsium dan nutrisi lainnya. Maka wajar bila buah ini termasuk buah yang baik untuk MPASI. Dalam penyajiannya, tomat bisa digunakan sebagai campuran bubur.
  4. Apel. Selain kaya vitamin A, apel juga memiliki kandungan vitamin C, kalium, fosfor, magnesium, dan tinggi serat sehingga baik untuk mendukung pencernaan dan membangun sistem daya tahan tubuh yang kuat. Dalam penyajiannya, apel yang telah dikupas dikukus sampai lunak, lalu dilumatkan untuk disajikan dalam bentuk pure.
  5. Pir. Pir juga termasuk buah yang baik untuk MPASI yang disarankan oleh para ahli gizi. Kandungan gizinya pun tak kalah dengan buah MPASI lainnya, seperti vitamin C, kalium, kalsium, dan fosfor. Buah ini dapat diolah sebagai MPASI sama seperti apel yang disajikan dalam bentuk pure.
  6. Jeruk. Jeruk kaya akan kandungan vitamin C, vitamin A, kalsium, serat dan asam folat. Namun, jeruk yang dipilih sebagai makanan pendamping ASI tentunya yang bercitarasa manis. Dalam tahap pengenalan MPASI, bayi bisa diberi air perasan jeruk manis tersebut. Pemberian jeruk dalam bentuk utuh dalam tahap awal MPASI tidak disarankan oleh para ahli gizi.

Mengingat kondisi setiap bayi tak sama, perhatikan dalam waktu satu minggu apakah bayi Anda mengalami masalah pencernaan atau tidak. Jika tidak ada masalah, maka buah yang sama dapat diberikan kembali. (RFZ)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here