6 Cara Menangani Komedo Dengan Ampuh

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Komedo adalah tumpukan lemak pada wajah yang biasanya terakumulasi disekitar area hidung, mata dan pipi. Sama seperti jerawat, komedo timbul akibat adanya penyumbatan pada pori-pori kulit wajah yang disebabkan oleh minyak, kotoran maupun sel kulit mati. Hanya saja komedo tidak diselimuti oleh kulit sebagaimana jerawat.

Baik komedo hitam ataupun komedo putih dapat menjadi masalah yang dapat menggangu dan menurunkan kepercayaan diri. Berikut adalah beberapa cara menghilangkan komedo menggunakan bahan-bahan alami yang terbukti ampuh:

  1. Ramuan tradisonal

Kekayaan yang di hasilkan alam memiliki sejuta manfaat bagi kehidupan manusia. Salah satunya tumbuhan tradisional yang memiliki fungsi bagi kesehatan dan kecantikan. Misalnya tomat yang dapat dijadikan sebagai alternatif untuk menghilangkan komedo, tomat memili kandungan vitamin C, vitamin E yang mampu mengangkat sel kulit mati dan menutup pori-pori kulit. Sehingga dapat mengurangi minyak berlebih di wajah sehingga pertumbuhan komedo dapat di cegah. Selain itu bahan yang dapat anda gunakan yaitu jeruk nifis, putih telur, lidah buaya dan lain-lain.

  1. Menggunakan es batu

Cara kedua yang dapat anda gunakan untuk menghilangkan komedo yaitu dengan menggunakan es batu. Es batu cukup ampuh dalam menangani masalah komedo. Cara pemakaiannya yaitu dengan menempelkan ke wajah lalu gerakan memijat. Untuk cara yang lebih optimal sebelumnya anda bisa gunakan masker wajah kemudian gunakan es batu untuk mengecilkan pori-pori. Selain itu fungsi dari penggunaan es batu yaitu untuk membuat kulit wajah terasa lebih segar, mengurangi kusam sehingga wajah lebi cerah, dan membuat kulit tidak kering.

  1. Pore pack atau masker peel-off

Metode dalam poin ini merupakan cara instan menghilangkan komedo yang paling banyak di gemari oleh siapa saja, termasuk pria. hal ini dikarenakan metode tersebut memberikan efek psikologi seolah-olah bahwa komedo di wajahnya terangkat dengan sempurna.

  1. Mengecilkan pori-pori

Menurut pendapat saran yang dinyatakan oleh seorang dokter kecantikan yang bernama dr Ivanna Samuel bahwa untuk menghilangkan komedo sebaiknya anda melakukan ekstraksi komedo atau mikrodermabrasi secara rutin untuk mendapatkan wajah yang bersih dan bebas dari komedo setelah itu anda melakukan laser untu mengecilkan pori-pori. Pada umumnya laser yang digunakan yaitu laser C02 atau laser erbium yang bersifat ablatif (ada pelukaan)

  1. Mikrodermabrasi dan facial

Mikrodermabrasi dan facial merupakan cara yang paling konvensional dan sering kali di hindari oleh paa individu untuk menghilangkan komedo. Metode ini memberikan efek rasa sakit karena cara melakukannya yaitu dengan memberikan uap panas ke seluruh wajah untuk memudahkan terapi untuk mengeluarkan komedo mebandel secara paksa. Untuk melakuakan metode ini biasanya klinik kecantikan memberikan baluran krim anestesi di seluruh wajah untuk mengurangi rasa nyeri dan diamkan selama 20 menit agar efek anestesi menjadi efektif, setelah itu cara tersebut dapat dilakukan.

Metode mikrodermabrasi menggunakan kristal alumunium oksida yang berfungsi untuk mengikis secara lembut dan halus setelah itu efek tersebut dapat mengangkat sel kulit mati secara perlahan. Metode ini dapat dikombinasikan dengan melakukan pemencetan komedo.

  1. Vacum

Zaman modern membuat perkembangan teknologi semakin canggih. Hal ini juga membuat metode perawatan kecantikan menggunakan alat canggih sejenis vacum untuk menyedot komedo yang tidak disertai dengan rasa sakit. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here