6 Kebiasaan yang Dapat Merusak Gigi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Gigi menjadi salah satu faktor yang menunjang penampilan seorang wanita. Gigi yang diimpikan para wanita adalah putih, bersih dan rapi. Untuk mendapatkan itu semua, maka perlu juga perawatan pada gigi. Namun, gigi menjadi bagian yang kadang dikesampingkan oleh para wanita. Padahal ada beberapa kebiasaan yang anda lakukan justru dapat merusak gigi.

Masing-masing orang itu berbeda, maka merekapun memiliki kebiasaan-kebiasaan yang berbeda. Dari kebiasaan-kebiasaan tersebut ada yang tanpa anda sadari dapat membuat gigi anda rusak. Berikut beberapa kebiasaan yang dapat merusak gigi anda:

  1. Menguyah es batu

Saat terik matahari menyengat minum yang dingin merupakan hal yang tepat. Dari minum dingin ini, anda biasanya memiliki kebiasaan mengunyah es yang tersisa setelah menghabiskan airnya. Kebiasaan tersebut harus anda tinggalkan agar keutuhan gigi terjaga. Mengunyah es tersebut bisa menyebabkan patahnya gigi, merusak lapisan dalam gigi. Rusaknya lapisan dalam gigi dapat menyebabkan sakit gigi yang berkepanjangan.

  1. Menyikat gigi seketika setelah makan

Beberapa orang berpikir jika gosok gigi sebelum makan maka setelahnya gigi akan kotor. Sehingga mereka memilih untuk menyikat gigi setelah makan. Padahal kebiasaan menyikat gigi seketika setelah makan dapat mengikis lapisan enamel pada gigi yang kemudian membuat gigi menjadi rapuh dan membuat gigi menjadi sensitif. Sebaiknya tunggu beberapa menit baru anda sikat gigi setelah makan.

  1. Membuka kemasan dengan gigi

Makanan ringan kadang ada yang memiliki kemasan yang sulit dibuka sehingga membuat anda tak lagi sabar dan membuka dengan menggigit kemasan tersebut. Mungkin dengan menggigitnya akan lebih cepat. Tapi hal tersebut justru akan membuat gigi anda trauma dan meningkatkan risiko patahnya gigi anda. Agar terhindar dari hal tersebut sebaiknya gunakan guntik saat membuka kemasan baik makanan atau minuman botol.

  1. Sering ngemil

Saat makan cemilan produksi air liur akan berkurang sehingga gigi tidak ada yang melindungi. Apalagi jika makan makanan manis maka akan membentuk plak pada gigi. Jadi semakin sering ngemil atau makan camilan, masalah pada gigi akan bertambah.

  1. Mengerinding gigi

Beberapa orang memiliki kebiasaan saat tidur dengan mengerinding gigi. Jika bisa, sebaiknya hentikan kebiasaan ini karena meningkatkan risiko gigi dan gusi anda pecah.

  1. Minum wine

Bagi anda penyuka minuman wine sebaiknya kurangi kebiasaan minum wine tersebut. Terlalu sering minum wine akan merusak lapisan enamel gigi. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here