6 Kegiatan di Luar Ruangan yang Cocok untuk Membentuk Karakter Remaja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Akhir-akhir ini kegiatan di luar ruangan bagi remaja semakin mendapatkan perhatian dari masyarakat. Pasalnya kegiatan tersebut dianggap membawa pengaruh positif guna membentuk karakter remaja. Berbagai kegiatan di luar ruangan yang bisa membentuk karakter remaja seperti mendaki gunung, berkebun, hingga melakukan berbagai tantangan.

Penelitian pernah dipublikasikan oleh Journal of Experimental Psychology yang membuktikan adanya hubungan positif antara berjalan di luar ruangan dengan peningkatan kreatifitas dalam menghasilkan ide-ide baru. Di lain pihak sebuah penelitian dari Glasgow University mengungkapkan jika aktifitas fisik yang dilaksanakan di sekitar pepohonan atau rumput mampu menurunkan level stres di otak.

Dua penelitian di atas mengisyaratkan jika kegiatan yang dilakukan di luar ruangan, memiliki dampak positif bagi pribadi seseorang. Tentu saja aktivitas di luar ruangan juga sangat cocok dimanfaatkan guna membentuk karakter pada remaja. Pembentukan karakter memang harus dengan berbagai strategi yang inovatif, agar pelaksanaannya bisa lebih efektif dan optimal.

Masa remaja dikenal sebagai masa transisi dari anak-anak menuju dewasa. Pada masa yang penuh gejolak tersebut diperlukan pengendalian diri yang kuat pada remaja, agar tidak terjerumus ke dalam perilaku yang menyimpang. Pendidikan karakter sangat penting diberikan kepada remaja sebagai pembendung pengaruh buruk.

Berbagai kegiatan di luar ruangan bisa dimanfaatkan dalam pembentukan karakter bagi remaja. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini 6 kegiatan di luar ruangan yang cocok dimanfaatkan guna membentuk karakter remaja.

  • Bermain layang-layang

Jangan meremehkan permainan tradisional yang satu ini. Permainan layang-layang merupakan salah satu kegiatan di luar ruangan yang cocok untuk membentuk karakter kerja keras atau tanggung jawab pada remaja. Permainan ini akan lebih efektif dalam membentuk karakter, apabila dilakukan bersama keluarga.

  • Bungee Jumping

Bungee jumping bisa dimanfaatkan untuk mendidik mental remaja. Ini merupakan kegiatan yang cocok di masa liburan, sekaligus memberikan suasana baru bagi remaja. Meski demikian orangtua harus benar-benar selektif memilih pihak yang menyelenggarakan kegiatan ini, agar keamanan tetap terjaga.

  • Bersepeda

Orangtua bersama putra-putrinya yang telah beranjak dewasa, bisa melakukan ekspedisi dengan bersepeda. Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan, namun kegiatan ini juga bisa membentuk karakter pada anak.

  • Mendaki gunung

Remaja pasti akan senang apabila mendapat tawaran untuk melakukan kegiatan yang satu ini. Mendaki gunung adalah kesempatan besar bagi remaja untuk menghabiskan waktu di luar ruangan, sekaligus belajar memahami karakter alam.

  • Arung jeram

Kegiatan arung jeram tentu saja bisa dimanfaatkan guna membentuk karakter remaja. Melalui kegiatan ini remaja akan berusaha menjaga dirinya sendiri sebaik mungkin, sehingga memunculkan karakter tanggung jawab dan kerja keras.

  • Berkebun

Meski terdengar menggelikan, namun berkebun cukup menarik untuk dilakukan remaja. Dengan berkebun remaja bisa menerapkan karakter peduli lingkungan dalam kehidupan sehari-hari. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here