6 Macam Olahraga Ekstrim dan Manfaatnya bagi Kesehatan Remaja

www.sehatafresh.com

SehatFresh.com – Aktifitas olahraga sangat dibutuhkan oleh manusia untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satunya melalui olahraga ekstrem. Memang secara sepintas menyeramkan, akan tetapi  melakukan olahraga ekstrem memberikan manfaat kesehatan yang begitu besar, khususnya bagi para remaja. Misalnya ketika stres berat, olahraga ekstrem bisa menjadi solusinya, terutama pada anak remaja. Biasanya olahraga ini dilakukan secara individual bukan berkelompok dan berfokus pada penaklukkan rasa takut diri sendiri dan bagaimana kita bisa menghadapi tantangan alam.

Ada beberapa kategori olahraga ekstrim yang sangat bermanfaat bagi kesehatan Remaja yaitu:

  1. Lompatan yang Teratur dan Bertempo (Parkour)

Pemain parkour melakukan lompatan yang teratur dan bertempo sehingga terlihat apik dan berseni. Kebanyakan anak remaja menyukai olahraga ekstrim ini. Mereka menganggap olahraga parkour keren dan menantang. Saat melompati halangan, dibutuhkan fleksibilitas gerakan dan keseimbangan tubuh. Manfaatnya adalah untuk  membunuh rasa takut dan belajar melewati rintangan.

  1. Melompat dari Ketinggian (Bungee Jumping)

Melompat dari ketinggian dengan mengandalkan bungee cord. Sebagai alat pengaman, tentu akan memberikan pacuan adrenalin yang luar biasa bagi para remaja. Manfaatnya bagi kesehatan remaja adalah untuk melancarkan peredaran darah ke otak, menghilangkan stress, melatih kelenturan tubuh, dan bisa menjadi terapi untuk mengatasi rasa takut pada ketinggian.

  1. Olahraga Terbang Layang (Gliding)

Variasi dari olahraga ekstrem di udara dengan bantuan alat khusus agar penggunanya bisa bergerak bebas di udara adalah gliding dan hang gliding. Gunanya bagi kesehatan remaja adalah melatih konsentrasi berpikir, menghilangkan stres, dan melatih kekuatan otot tangan.

  1. Sepeda Gunung (Mountain Biking)

Kegiatan dalam mountain biking terbagi atas cross country, trail riding, downhill, free-ride, street riding, dirt jumping, dan trials. Manfaat bersepeda gunung bagi kesehatan remaja yaitu, membakar lemak tubuh secara kontinu, melatih otot kaki, dan membuat sistem kardiovaskular tubuh bekerja dengan lebih baik akibat aktivitas tinggi jantung, serta paru-paru sehingga tubuh dengan sendirinya menjadi lebih fit.

  1. Panjat Tebing (Climbing)

Panjat tebing kini semakin popular di kalangan anak muda. Pada saat sudah mahir melakukan wall climbing, rock climbing di alam bisa menjadi pilihan tantangan selanjutnya. Manfaat panjat tebing bagi kesehatan remaja yaitu, membuat kekuatan tubuh menjadi lebih baik dan melatih kedisiplinan mental karena tingkat konsentrasi yang harus dipertahankan selama melakukan panjat tebing.

  1. Berselancar (Surfing)

Surfing adalah olahraga ekstrem air yang paling populer sampai sekarang. Berselancar memberikan manfaat bagi kesehatan remaja, pada dasarnya adalah sebuah paduan latihan kardiovascular yang baik, latihan otot kaki saat mengendalikan papan selancar dan menggunakan otot tubuh bagian atas saat mengayuh papan selancar dengan tangan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here