6 Manfaat Air Lemon, Membantu Menyeimbangkan pH Tubuh

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sudah tahukah pembaca jika air lemon ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh seseorang? Dari sekian manfaat yang ada dari buah lemon, salah satunya adalah menyeimbangkan pH tubuh. Berikut ini akan dipaparkan informasi mengenai kandungan dari buah lemon, sekaligus beberapa manfaatnya.

Kandungan nutrisi di dalam buah lemon

Dirangkum dari berbagai sumber, dalam setiap 100 g lemon mengandung berbagai nutrisi. Diantaranya 51 kal kalori, 0.9 g protein, 23 mg fosfor, 0.2 g lemak, 11.4 g karbohidrat, 0.4 mg besi, 49 mg asam askorbat, asam amino, asam sitrat, minyak atsiri, asam sitrun, glikosida, serta vitamin C.

Buah lemon juga menjadi sumber dari kelompok vitamin B kompleks seperti vitamin B1, vitamin B6, vitamin B2, asam pantotenat dan riboflavin. Pada kandungan buah lemon juga terdapat seng dan sodium, meski dalam jumlah kecil. Dengan berbagai nutrisi yang terkandung didalamnya, lantas apa saja manfaat buah lemon?

Enam manfaat air buah lemon bagi tubuh

  1. Air buah lemon dapat membantu proses pencernaan. Lemon yang dikonsumsi dengan air hangat dapat membantu melancarkan pencernaan tubuh. Air lemon juga dapat memperbaiki fungsi hati, sehingga kerja pencernaan menjadi lebih baik. Air lemon juga dapat merangsang asam yang diperlukan dalam pencernaan, sehingga membuat tubuh menjadi sehat.
  2. Air buah lemon dapat menambah kekebalan tubuh. Air buah lemon memiliki kandungan vitamin C dan asam askorbat yang cukup tinggi. Vitamin C bisa berguna untuk mengurangi pilek, sedangkan asam askorbat berguna dalam penyerapan zat besi yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh seseorang.
  3. Air buah lemon dapat membantu keseimbangan pH tubuh. Tidak dipungkiri jika apa yang dikonsumsi seseorang, akan mempengaruhi keseimbangan pH tubuh. Namun perlu diketahui jika ketikdakseimbangan pH tubuh, bisa menyebabkan seseorang terserang berbagai penyakit. Salah satu cara untuk menyeimbangkan pH tubuh adalah dengan meminum air lemon.
  4. Air buah lemon dapat membantu detox. Mungkin banyak yang tidak mengerti jika air lemon bersifat diuretik secara alami, artinya mampu menolong tubuh untuk mengeluarkan racun bersama kotoran sisa pencernaan atau urin. Selain itu asam sitrat yang terdapat dalam lemon, juga bisa membantu dalam memaksimalkan enzim yang diproduksi hati.
  5. Air buah lemon dapat membuat tubuh lebih berenergi. Tidak dipungkiri jika minum kopi di pagi hari bisa membuat seseorang berenergi, namun air lemon jauh memberikan manfaat yang lebih positif. Seseorang yang telah terbiasa mengonsumsi air lemon, pada akhirnya akan lebih memilih air lemon guna menjaga kesegaran tubuhnya sepanjang hari.
  6. Air lemon dapat membuat kulit tetap cantik. Dehidrasi dapat mengakibatkan kulit menjadi kusam dan kering. Agar kulit menjadi lebih cantik, salah satunya bisa dengan mengonsumsi air lemon secara teratur setiap hari. Pasalnya vitamin C yang terdapat dalam lemon memiliki peranan penting untuk menjaga kesehatan kulit. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here