6 Manfaat Baik Mengonsumsi Madu Selama Puasa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Madu merupakan minuman alami yang telah lama dipercaya mampu menyehatkan tubuh. Hal tersebut disebabkan karena madu memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Lantas bagaimana jika seseorang mengonsumsi madu selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, apakah tetap berkhasiat?

Seperti yang diletahui jika madu adalah bahan alami yang telah digunakan oleh manusia sejak berabad-abad yang lalu. Madu dimanfaatkan untuk meningkatkan stamina dan menjaga kondisi tubuh dari serangan penyakit.

Tidak dipungkiri jika selama menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan, tubuh akan mengalami penurunan stamina. Berbagai bahan alami menjadi pilihan untuk meningkatkan stamina tubuh, salah satunya adalah madu. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini 6 manfaat mongonsumsi madu selama puasa.

Madu dapat membantu dalam menyeimbangkan metabolisme tubuh

Metabolisme dalam tubuh akan berjalan dengan baik dan lancar apabila seseorang mengkonsumsi madu secara rutin. Caranya cukup mudah hanya dengan mencampurkan madu dengan air hangat. Racikan tersebut dapat diminum ketika sahur atau sebelum tidur di malam hari. Madu dapat membantu tubuh dalam mencerna nutrisi yang terkandung di dalam makanan.

Madu dapat membantu dalam mengendalikan berat badan

Seseorang bisa mengonsumsi madu yang sudah dicampurkan dengan air hangat guna membakar lemak yang terdapat dalam tubuh. Dengan cara tersebut lemak dapat lebih mudah terbakar, sehingga menjadi energi yang dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas ketika puasa.

Madu dapat membantu dalam membuang racun jahat di tubuh

Tidak banyak orang yang tahu bahwa mengkonsumsi madu rupanya dapat membantu tubuh untuk membuang racun. Hal itu terjadi karena madu mempunyai efek detoksifikasi yang secara alami mampu mengatasi racun yang bersarang di dalam organ tubuh. Alhasil dengan mengonsumsi madu selama berpuasa, proses peluruhan racun berjalan lancar.

Madu dapat membantu dalam menjaga ketersediaan energi

Seseorang apabila rajin mengkonsumsi madu ketika sahur atau berbuka, bisa membantu dalam menjaga ketersediaan energi selama menjalankan ibadah puasa. Madu sudah terbukti mampu mengatasi rasa lemas dan memasok cairan tubuh sehingga tidak mudah mengalami dehidrasi.

Madu dapat membantu dalam menyeimbangkan berat badan

Mengonsumsi madu yang dicampur dengan air hangat rupanya dapat membantu seseorang dalam menyeimbangkan berat badan ketika menjalani ibadah puasa. Tidak dipungkiri ketika menjalani ibadah puasa, aktivitas makan menjadi tidak terkontrol. Alhasil dengan mengonsumsi madu,  setidaknya bisa membantu dalam mengontrol berat badan seseorang.

Madu dapat membantu dalam mengatasi sembelit

Mengonsumsi madu mempunyai dampak positif yaitu menjaga aktivitas usus. Asupan madu bisa membuat kerja usus lebih prima, sehingga bergerak konstan. Mulai dari usus halus sampai usus besar akan mendapatkan efek positif dari pengonsumsian madu. Alhasil masalah sembelit pun bisa teratasi. (APY)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY