6 Manfaat Olahraga Pagi Setelah Sahur

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Menjalankan ibadah puasa satu bulan penuh secara otomatis akan mengurangi aktivitas seseorang, tidak terkecuali dalam berolahraga. Padahal meski berpuasa, bukan berarti seseorang harus melupakan olahraga. Terdapat banyak manfaat melakukan olahraga ketika berpuasa, khususnya setelah santap sahur di pagi hari.

Seperti yang diketahui jika seseorang yang menjalankan ibadah puasa harus bangun tidur lebih awal di pagi untuk makan sahur. Kemudian banyak diantara masyarakat yang setelah bersantap sahur atau melaksanakan ibadah sholat subuh, dilanjutkan dengan tidur.

Umat muslim yang menjalankan ibadah puasa sebenarnya disarankan untuk tidak tidur setelah menyantap hidangan sahur atau setelah melaksanakan ibadah sholat subuh. Berbagai aktivitas bisa dilakukan untuk mengisi waktu menjelang pagi hari.

Aktivitas yang bisa dilakukan seperti menyapu halaman, bersih-bersih rumah, hingga melakukan olahraga ringan. Khusus untuk olahraga ringan, sebenarnya lebih memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh jika dibandingkan dengan tidur setelah makan sahur. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini 6 manfaatnya:

  1. Olahraga pagi setelah sahur dapat menghindari polusi udara. Seperti yang diketahui jika udara di pagi hari masih sejuk karena belum terkontaminasi oleh asap kendaraan bermotor atau asap pabrik. Alhasil jika seseorang melakukan olahraga setelah sahur atau setelah shalat subuh, maka bisa menghindari polusi udara. Asupan oksigen yang didapatkan juga lebih baik dalam membantu sistem pernapasan.
  2. Olahraga pagi setelah sahur belum terkena paparan terik matahari. Cuaca ketika subuh sangat sejuk karena panas sinar matahari belum menyengat. Kondisi ini sangat baik untuk kulit seseorang karena dapat terhindar dari paparan sinar UV.
  3. Olahraga pagi setelah sahur lebih aman karena tidak banyak kendaraan bermotor. Tidak dipungkiri jika aktivitas masyarakat yang padat setiap hari membuat frekuensi kendaraan bermotor di jalan semakin banyak. Hanya saja ketika subuh kendaraan bermotor yang berada di jalan tidak terlalu banyak. Alhasil jika seseorang ingin berolahraga ringan setelah sahur, maka jalanan cenderung lebih aman dan tidak terlalu membahayakan keselamatan diri.
  4. Olahraga pagi setelah sahur mampu merangsang tubuh untuk merenggangkan kerja otot. Kondisi ini sangat baik untuk mengkondisikan otot agar tidak keram atau kejang saat beraktivitas sehari-hari.
  5. Olahraga pagi setelah sahur dapat membantu mengontrol berat badan. Bagi wanita yang khawatir berat tubuhnya justru naik selama menjalani ibadah puasa, olahraga pagi mungkin bisa menjadi solusi. Pasalnya olahraga pagi juga menjadi salah satu cara efektif untuk membakar kalori setelah makan sahur.
  6. Olahraga pagi setelah subuh bisa menjaga stamina. Kebanyakan orang justru mengalami lemas ketika bangun setelah menjalani tidur saat sahur. Sebaliknya bagi orang-orang yang berolahraga, tubuh justru menjadi segar dan bisa menjalani aktivitas dengan maksimal. (APY)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY