6 Manfaat Zumba Dance untuk Kesehatan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Zumba Dance sedikit berbeda dari senam aerobik, gerakan zumba dance merupakan gabungan antara gerakan senam aerobik, body weight dan tarian. Semua gerakan zumba dance dilakukan dengan cepat, bertenaga dan mencakup seluruh gerak tubuh. Dengan demikian menimbulkan tarikan-tarikan otot sehingga dapat membakar lebih banyak lemak. Gerakan zumba yang aktif juga dapat membuat jantung lebih sehat, meningkatkan keseimbangan dan melatih fleksibilitas tubuh, mulai dari saat pemanasan, latihan inti, sampai dengan pendinginan.

Berbagai sumber penelitian, mengatakan bahwa gerakan zumba memiliki manfaat sebagai berikut:

  1. Efektif menurunkan berat badan. Gerakan zumba yang aktif ternyata membakar lebih banyak Kalori didalam tubuh. Dalam satu jam gerakan zumba, terdapat sekitar 1.000 kalori akan terbakar. Hal ini dapat dilihat dari intensnya keringat yang dikeluarkan.
  2. Memperlancar sirkulasi darah ke seluruh tubuh dan menurunkan risiko serangan jantung.
  3. Memperbaiki saluran pernapasan. Gerakan zumba membuat otot-otot pernapasan menjadi lebih regang. Gerakan yang cepat akan melatih anda dalam mengatur nafas dengan baik tentunya jika dilakukan secara rutin seperti anda berolahraga.
  4. Mengatasi insomnia. Insomnia seringkali dikaitkan dengan gangguan kecemasan. Gerakan dan iringan musik yang aktif akan membuat anda lebih tenang dan rileks selama melakukan gerakan zumba, sehingga akan membantu dalam mengurangi kecemasan.
  5. Menghilangkan stress dan mengembalikan good mood. Gerakan Zumba meningkatkan hormon endorfin dalam tubuh. Zat endorfin inilah yang berperan mengendalikan rasa nyeri dan perasaan stres. Dengan perasaan bahagia selama mengikuti zumba dance akan membantu anda dalam mengembalikan good mood.
  6. Otot lebih kencang dan membuat anda awet muda. Gerakan zumba membuat otot diseluruh anggota badan akan bergerak, dan melatih otot-otot lebih kencang. Besar kemungkinan anda akan lebih awet muda karena otot-otot wajah juga kencang serta mendapatkan tubuh yang lebih ramping.

Zumba dance umumnya dilakukan selama 2-3 kali per minggu untuk menjaga stamina tubuh dan dilakukan sebanyak 4 kali untuk mendapatkan berat tubuh yang ideal. Selain dari segi fisik dan latihan rutin, sebaiknya anda juga dapat mengimbanginya dengan mengkonsumsi makan makanan yang bergizi dan istirahat yang cukup untuk mendapatkan manfaat yang lebih maksimal. (MLD)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here