6 Tanaman Herbal untuk Mengobati Kurap

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kurap adalah salah satu infeksi jamur (tinea) pada kulit yang terjadi karena kulit dalam keadaan lembab sehingga menjadi media jamur untuk hidup. Munculnya kurap sangat tidak nyaman karena tidak hanya menyerang kulit, tapi bagian tubuh lain seperti kuku, kaki dan kulit kepala juga bisa terkena dan kurap ini sifatnya bisa menyebar.

Penyebaran kurap terjadi jika anda tidak melakukan penanganan dini secepat mungkin,oleh karena itu saat kurap baru menyerang satu area anda harus segera menghilangkannya. Ada banyak metode yag bisa anda lakukan untuk mengobati kurap, salah satunya dengan menggunakan tanaman herbal.

Tanaman herbal cukup ampuh digunakan untuk mengobati kurap. Berikut beberapa tanaman herbal yang bisa anda gunakan untuk mengobati kurap:

  1. Kunyit

Anda bisa menggunakan kunyit untuk mengobati kurap. Kunyit sudah banyak digunakan untuk mengobati keluhan sakit pada kulit, anda juga bisa menggunakannya untuk mengobati kurap dengan cara memotongnya menjadi kecil atau dibuat pasta dan tempelkan pada bagian kulit yang terkena kurap. Diamkan beberapa menit dan setelah itu bersihkan dengan air.

  1. Bawang putih

Untuk menggunakan bawang putih sebagai obat kurap caranya yaitu haluskan bawang putih, setelah itu oleskan pada bagian tubuh yang terkena kurap. Bawang putih dapat mengobati kurap karena mengandung anti jamur yang bermanfaat untuk mengobati kulit yang terinfeksi seperti kurap.

  1. Cuka apel

Sekarang ini cuka apel sedang populer ampuh untuk mengatasi jerawat atau masalah kulit wajah, dan ternyata cuka apel juga bisa anda gunakan untuk mengobati kurap. Cukup oleskan cuka apel pada bagian tubuh yang terkena kurap, diamkan beberapa menit dan setelah itu bersihkan dengan air hangat. Gunakan secara teratur selama satu bulan, maka perlahan kurap akan hilang.

  1. Pepaya

Dengan kandungan enzim dalam pepaya mampu untuk mengobati kurap. Tapi anda sebaiknya menggunakan pepaya yang masih mentah. Sama seperti kunyit, anda cukup menggunakan pasta pepaya mentah yang dioleskan pada bagian kurap agar sembuh.

  1. Garam

Mengobati kurap dengan garam juga cukup efektif. Caranya siapkan air dan tambahkan garam kedalamnya. Oleskan pada bagian tubuh yang terkena kurap dan lakukan tiga kali sehari untuk mempercepat proses penyembuhan kurap.

  1. Minyak kelapa

Minyak kelapa dapat mengobati kurap karena mengandung asam laurat. Asam laurat tersebut memiliki kemampuan untuk membunuh jamur yang menyebabkan kurap. Cara menggunakan minyak kelapa untuk mengobati kurap adalah dengan memijat bagian tubuh yang terkena kurap menggunakan minyak kelapa. (DKA)

BAGIKAN
Artikel sebelumnyaPenyebab Tumbuh Uban pada Remaja

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here