6 Tips Agar Ayah Dekat dengan Anak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Tentunya tidak ada ayah yang ingin jauh dari anak. Semua ayah tentu ingin dekat dengan anak, tetapi kadang kurang tahu bagaimana caranya. Alasan umum yang sering didengar karena ayah terlalu sibuk bekerja, capek atau memang karena anak yang kurang cocok dengan pendekatan cara ayah. Berikut ini ada beberapa hal yang bisa dilakukan para ayah agar bisa lebih dekat dengan anak-anak mereka.

  1. Beri perhatian dan pengertian

Sesering mungkin para ayah harus memberikan perhatian dan pengertian kepada anak-anak mereka, terutama saat mereka menangis atau bersedih. Saat kondisi sedih anak-anak membutuhkan tempat untuk mengeluarkan uneg-unegnya dan membutuhkan kekuatan untuk menopangnya.

Di sinilah peran sang ayah. Tahanlah diri dari marah. Berikan pengertian dengan lemah lembut tentang apa yang terjadi. Bantu mereka memahami keadaan tersebut, dan berikan solusi yang tepat bagi anak.

  1. Mendukung dan memuji anak

Motivasi terbesar anak dalam mendapatkan prestasi dan melakukan sesuatu adalah karena ingin membahagiakan orangtuanya. Mereka ingin diperhatikan dan dipuji atas semua tindakannya. Jadi, Anda harus peka memperhatikan setiap tindakan anak. Jangan sampai ada orangtua yang diam saja saat anaknya berprestasi.

Jika ibu saja yang memuji, ia akan simpati pada ibu. Namun jika ayah perhatian dan mau memuji prestasi anak, ia juga akan simpati pada ayah. Dalam setiap tindakan anak, orangtualah yang pertama kali diharapkan tahu dan mau mengapresiasi.

  1. Lakukan aktifitas fisik dengan anak

Bermain bola, bermain gulat-gulatan atau sekedar bermain hujan bersama adalah aktifitas yang bisa memicu kedekatan ayah dan anak baik secara fisik maupun secara emosional. Karena itu sangat penting bagi orangtua untuk tidak membawa pekerjaan kantor mereka ke rumah. Setelah waktu kita banyak tersita untuk perusahaan, berikanlah hak anak-anak kita dengan memberikan waktu untuk mereka.

  1. Mencium dan memeluk anak

Jangan ragu untuk memeluk dan mencium anak. Banyak ayah ragu melakukan itu. Sentuhan kasih sayang adalah cara paling ampuh untuk menyampaikan kasih sayang orangtua pada anaknya. Anak yang tumbuh dalam pelukan kedua orangtuanya akan tumbuh jadi anak yang baik, percaya diri, dan cerdas.

  1. Berikan hadiah saat pulang kerja

Kepulangan ayah setelah kerja memang amat berarti. Tetapi akan jadi spesial kala anak dibawakan oleh-oleh. Anak akan tahu bahwa di tempat kerja ayahnya selalu merindukan anak dan ingin segera pulang ke rumah. Hadiah tidak harus mahal. Pemberian kecil sudah cukup menambah kehangatan antara ayah dengan anak. Pemberian menegaskan kasih sayang yang sulit dikatakan secara blak-blakan oleh seorang ayah.

  1. Beri anak privasi

Banyak orang tua yang tidak menyadari bahwa penting memberikan anak privasi. Orang tua pun seringkali membombardir anak sehingga anak tidak punya privasi. Akibatnya anak pun menjauh dari orang tua. Misalnya anak sedang tidak mau diganggu, orang tua jangan mengganggunya. Berikan anak waktu untuk sendiri. Sebaliknya, ketika anak meminta sesuatu maka orang tua pun harus merespon. (KKM).


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here