6 Tips Menghilangkan Bekas Cacar Air pada Remaja

0
2
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Usia remaja merupakan usia dimana mulai mempunyai ideal diri untuk berpenampilan baik, cantik, tampan atau seperti standar penampilan yang ada pada era ini. Sehingga untuk memenuhi standar tersebut munculah beberapa masalah yang dihadapi para remaja.

Salah satu masalah yang menjadi momok remaja adalah penyakit cacar. Cacar (Varicella) adalah penyakit radang kulit yang ditandai dengan pembentukan gelembung-gelembung berisi air secara berkelompok. Penyakit cacar ada 3 jenis meliputi cacar air, cacar ular, dan cacar api.

Jenis cacar yang paling umum diderita oleh masyarakat yakni cacar air karena cacar ini bisa menular dari satu orang ke orang lainnya apabila ada kontak dari cairan atau debris yang mengandung virus yang bernama Herpes varicella, apalagi bagi anda yang kekebalan tubuhnya sedang menurun.

Gejala yang muncul dari cacar air seperti demam, kehilangan nafsu makan, sakit kepala, perasaan sangat capek kemudian diikuti oleh munculnya bercak-bercak berair. Penyakit cacar air biasanya berlangsung sekitar 5-10 hari.

Bekas cacar berupa noda hitam dan bopeng pada bagian kulit yang terserang inilah yang membuat resah para remaja terhadap penampilannya.

Tetapi anda jangan khawatir, ada beberapa tips di bawah ini yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan bekas cacar air pada remaja :

  1. Madu

Sifat anti inflamasi dan antibakteri yang terkandung dalam madu dapat mengobati bekas cacar air. Oleskan madu pada malam hari secara lembut.

  1. Lidah buaya

Penggunaan lidah buaya untuk menghilangkan bekas cacar air juga cukup efektif karena dapat membantu mendorong pertumbuhan kulit dan mengurangi peradangan. Sekarang lidah buaya dapat digunakan dalam bentuk krim atau gel yang tersedia di pasaran.

  1. Daun Nimba

Mungkin jarang dari anda mendengar nama daun nimba. Namun daun nimba ini dapat memberi efek secara langsung dengan sifat antibakteri dan antijamur.

  1. Mentimun

Tumbuk atau blender mentimun lalu oleskan ke bagian bekas luka cacar setiap pagi atau sebelum tidur.

  1. Buah mengkudu

Potong kecil-kecil buah mengkudu dan buang bijinya. Lalu tumbuk atau blender buah dan aplikasikan pada bekas cacar dengan cara dioleskan. Selain ditumbuk, dapat juga dibuat jus dan diminum secara teratur hingga bekas cacar menghilang.

  1. Minum air secukupnya

Selain dengan cara-cara di atas. Minum air putih secukupnya menghindari kulit dari kulit kering dan jaringan parut bekas cacar air karena kulit tetap terhidrasi dan sehat. (DKA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY