6 Tips Menyusui Di Tempat Umum

0
2
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Tidak dipungkiri jika untuk beberapa ibu muda, aktivitas menyusui masih agak canggung untuk dilakukan. Terlebih jika aktivitas tersebut harus dilakukan di depan umum, tentu saja membutuhkan beberapa cara agar menyusui tidak melanggar norma-norma sosial. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini 6 tips menyusui di tempat umum.

Ibu perlu menggunakan pakaian yang nyaman untuk menyusui

Langkah pertama yang harus disiapkan ibu sebelum menyusui adalah menggunakan pakaian senyaman mungkin. Ibu bisa memilih pakaian dengan kancing depan yang longgar. Kemudian ibu bisa mengangkat kemeja dari bagian bawah atau bisa juga membuka kancing. Tujuannya supaya posisi bayi dapat langsung bertemu dengan payudara. Sementara itu sisa-sisa kain pakaian bisa dimanfaatkan untuk menutup payudara.

Ada pula model kemeja yang menyediakan cakupan ekstra. Kemudian ibu tinggal memodifikasi saja dengan memotong celah pada pakaian di posisi payudara. Alhasil saat ibu mengangkat baju luar, pakaian akan tetap di tempat. Kesimpulannya siapkanlah pakaian senyaman mungkin untuk menyusui di depan umum.

Ibu perlu memastikan posisi bayi nyaman dan udara bisa masuk

Seorang ibu ketika ingin menggunakan penutup ASI, maka perlu memastikan bahwa bayi tidak mengalami kesulitan dalam bernapas. Selain memperhatikan bagian dada, ibu juga harus memperhatikan kenyamanan bayi.

Guna membuat bayi nyaman saat menyusui di tempat umum, ibu bisa menambah jaket cardigan ataupun sweater. Namun pilih model yang menyediakan cakupan untuk udara tambahan. Selain itu bisa juga memanfaatkan selimut atau selendang di bahu, sehingga bayi tetap mendapatkan asupan udara yang banyak.

Ibu perlu menggunakan bra yang sesuai untuk menyusui

Bagi ibu yang menyusui dianjurkan memilih bra dengan cup yang mudah dibuka dengan satu tangan. Tujuannya untuk memudahkan dalam menyusui bayi dimanapun. Dengan menggunakan bra yang sesuai untuk menyusui, setidaknya membuat ibu lebih nyaman dan aman.

Ibu perlu memberikan ASI kepada bayi sebelum bepergian

Salah satu strategi untuk mengurangi frekuensi bayi meminta ASI ketika berpergian adalah dengan memberikan ASI ketika masih di rumah. Ibu bisa menyusui terlebih dahulu ketika masih di rumah, tujuannya agar perut bayi terasa kenyang.

Ibu perlu memilih tempat yang aman dan nyaman untuk menyusui di tempat umum

Biasanya di tempat perbelanjaan atau taman-taman telah disediakan lokasi untuk ibu menyusui. Apabila tidak ada tempat khusus untuk menyusui, maka pilihlah lokasi yang dianggap aman dan nyaman. Ibu ketika menyusui juga bisa memanfaatkan kain atau selendang untuk membersihkan muka bayi, jika terkena air susu yang berceceran.

Ibu harus memahami situasi di tempat umum

Ibu yang ingin menyusui bayinya di tempat umum perlu membaca situasi dan kondisi yang terjadi. Jangan melakukan hal tersebut di tempat keramaian, karena aktivitas menyusui bisa saja menjadi pusat perhatian. (APY)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY