7 Bagian Tubuh Wanita yang Akan Bengkak saat Hamil

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kehamilan merupakan masa yang menyenangkan baik bagi Anda maupun suami, karena sebentar lagi keluarga Anda akan dilengkapi dengan kehadiran anak. Namun saat hamil, terkadang Anda dibuat khawatir karena adanya bagian tubuh yang membengkak.

Beberapa bagian pada tubuh membengkak saat hamil terjadi karena adanya perubahan hormonal yang berbeda saat kita sedang mengadung si kecil di dalam perut. Bagian tubuh yang membengkak akibat perubahan hormon saat hamil antara lain:

  1. Kaki

Kaki adalah bagian tubuh yang paling umum mengalami pembengkakan saat hamil. Kaki membengkak saat hamil bisa disebabkan banyak hal seperti terlalu banyak mengonsumsi yodium saat hamil atau karena kurang nyaman saat menggunakan alas kaki.

  1. Vena

Mungkin anda jarang mendengar bahwa vena bisa saja membengkak saat hamil, tapi ternyata vena juga bisa membengkak. Pembengkakan vena pada ibu hamil dapat dilihat saat pembuluh darah muncul di kulit.

  1. Hidung

Saat hidung membengkak anda akan merasa sesak. Rasa sesak tersebut terjadi karena hidung yang membengkak saat hamil mengalami pelebara pembuluh darah kecil di sinus dan adanya peningkatan volume darah serta cairan. Tak hanya sesak, pembengkakan hidung yang parah juga bisa mengeluarkan darah. Jika hidung membengkak yang anda alami sampai tahap ini, maka anda perlu datang ke dokter untuk pemeriksaan lanjut.

  1. Gusi

Seperti hidung yang membengkak, gusi juga bisa membengkak saat anda hamil karena gusi menjadi lebih sensitif terhap retensi air dan juga volume darah yang meningkat selama kehamilan. Gusi yang membengkak juga bisa mengalami perdarahan.

  1. Mata

Mata juga akan membengkak saat anda hamil, khususnya dibagian bawah mata atau di daerah lingkaran gelap. Penyeba mata bengkak saat hamil adalah karena banyaknya air yang tertahan sehingga membuat mata anda terkesan seperti menonjol ke luar. Tapi tenang saja, mata yang membengkak saat hamil akan kembali ke bentuk normal setelah anda melahirkan. Untuk membantu proses pengempesan mata yang membengkak anda bisa melakukan kompres dingin pada mata.

  1. Payudara

Payudara membengkak saat hamil bisa terjadi karena saat itu payudara sedang memproduksi susu yang nantinya diberikan kepada bayi setelah dilahirkan. Karena ukurannya yang membesar, maka disarankan bagi ibu hamil untuk menggunakan bra yang nyaman atau jangan ketat.

  1. Vulva dan vagina

Vulva dan vagina membengkak karena saat hamil terjadi peningkatan aliran darah ke bagian vuva dan vagina, serta adanya tekanan rahim di pembuluh darah pelvis. Pembengkakan vulva dan vagina biasanya terjadi pada trimester kedua dan ketiga. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here