7 Buah yang Sebaiknya Dikonsumsi Penderita Penyakit Gondongan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Penyakit gondongan adalah penyakit dimana terjadi pembengkakan pada kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid adalah kelenjar yang terdapat pada leher atau pangkal tenggorokan. Penyakit gondongan ini disebabkan oleh adanya gangguan pada kelenjar tiroid yang mana tidak dapat mensekresikan hormon tiroid sesuai dengan kebutuhan tubuh atau bisa jadi karena tubuh kekurangan kadar yodium.

Saat seseorang mengalami penyakit gondongan biasanya akan merasakan gejala seperti adanya pembengkakan di pangkal leher, terasa ketat di tenggorokan, batuk, suara menjadi serak, kesulitan menelan dan juga kesulitan saat bernafas.

Bagi penderita penyakit gondongan seringkali merasa tidak percaya diri karena adanya benjolan pada pangkal leher menganggu penampilan oleh karena itu pasti ingin sekali cepat sembuh. Untuk membantu menyembuhkan penyakit gondongan, ada beberapa buah yang sebaiknya anda konsumsi. Berikut buah yang sebaiknya dikonsumsi oleh seseorang yang menderita penyakit gondongan:

  1. Manggis

Buah manggis merupakan buah yang cukup ampuh untuk membantu menyembuhkan penyakit gondongan karena mengandung zat yang bernama xanthone.

  1. Rambutan

Mungkin banyak yang tidak tahu jika rambutan berguna untuk penderita penyakit gondongan. Buah rambutan ternyata mengandung gizi yang sangat tinggi dan juga zat amfisilin yang dapat mengobati penyakit gondongan.

  1. Pepaya

Buah yang terkenal dapat memperlancar sistem pencernaan ini ternyata juga baik bagi penderita penyakit gondongan. Jika anda bosan memakan pepaya dengan cara biasa maka anda bisa membuatnya menjadi jus dan minum dua kali sehari.

  1. Sirsak

Tak hanya buah rambutan. Sirsak juga mengandung zat amfisilin yang berfungsi menormalkan kembali kelenjar tiroid yang mengalami pembengkakan pada penyakit gondongan.

  1. Nanas

Nanas baik bagi penderita penyakit gondongan karena mengandung enzim, bromelin, kaya akan antioksidan seperti vitamin C, menjaga kekebalan tubuh dan merupakan sumber mangan, thiamin dan riboflavin yang sangat baik dan pentik untuk produksi energi tubuh.

  1. Kiwi

Kandungan gizi seperti  vitamin C, vitamin E, beta karoten, fitonutrien dalam kiwi baik untuk membantu proses penyembuhan penyakit gondongan. Kiwi juga berperan sebagai sumber serat, potasium, magnesium, tembaga, dan fosfor yang baik bagi tubuh.

  1. Alpukat

Salah satu buah favorit orang ini juga baik bagi penderita penyakit gondongan. Alpukat mengandung lemak monounsaturated, tinggi potasium, sumber lemak mentah yang baik dan sumber folat, serat makanan, vitamin C, vitamin E, riboflavin serta vitamin B6 yang baik. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here