7 Cara Mudah dan Menyenangkan Membangunkan Anak untuk Sahur

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sahur Merupakan aktivitas rutin yang harus dijalankan saat bulan ramadhan. Namun, terkadang bagi anak-anak karena sahur merupakan kegiatan yang jarang dilakukan dalam kesehariannya membuat antusias anak menurun atau tidak minat mengikuti sahur. Mereka cenderung susah di ajak sahur dan susah dibangunkan untuk menyantap sahur.

Padahal makan di waktu sahur memiliki banyak manfaat untuk anak ketika menjalani puasa di siang hari. Dengan puasa anak akan lebih berenergi karena memiliki cadangan energi dari makanan yang dikonsumsi waktu sahur, tidak mudah lelah dan semangat dalam menjalankan aktivitasnya.

Karena anak sulit bangun ketika sahur. Hal tersebut membuat semua orang tua berusaha dengan berbagai cara agar anaknya mau ikut sahur. Tetapi kebanyakan orang tua menyerah dan kehilangan cara lagi untuk membangunkan sang buah hati.

Oleh karena itu, berikut akan dijelaskan beberapa cara mudah dan menyenangkan yang dapat anda gunakan saat membangunkan anak untuk sahur :

  1. Ajak anak untuk tidur lebih awal

Tidur yang awal akan membuat anak merasa waktu tidurnya hingga sahur tiba terasa lama dan cukup. Sehingga anak akan mudah bangun ketika sahur karena tidur cukup sehingga rasa kantukpun berkurang atau hilang.

  1. Gunakan alarm bernada unik

Anak cenderung menyukai dan ingin tahu terhadap hal baru. Cara tersebut dapat anda gunakan untuk membuat alarm dengan nada yang unik dan berbeda dari alarm selain bulan ramadhan. Mungkin anda bisa merubah suara alarm menjadi suara kodok, suara boneka ataupun moster yang mengatakan agar si anak bangun. Suara alarm tersebut cukup mudah untuk didapatkan, anda bisa membeli di toko atau sekedar memasang alarm di hape dan gunakan nada unik yang anda download dari internet, dan buat alarm tersebut berbunyi berkali-kali sampai anak bangun baru dimatikan.

  1. Buat menu sahur dengan makanan kesukaannya

Agar anak tertarik bangun sahur, sebelum tidur ada baiknya anda membocorkan menu sahur yang akan dihidangkan. Lebih baik lagi hidangkan menu kesukaannya.

  1. Ciptakan waktu sahur yang berkesan

Setelah sahur anak akan merasa bosan karena menunggu jeda waktu sahur menuju subuh yang lama. Agar sahur anda bersama anak tidak membosankan. Anda bisa menyelipkan beberapa kegiatan seperti membuat cemilan dari coklat atau main ke taman di depan rumah untuk mendapatkan udara yang segar

  1. Beri pujian

Setelah anak berhasil rutin bangun setiap sahur. Setidaknya berikan pujian atas keberhasilan anak anda. Sehingga anak akan lebih termotivasi. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here