7 Daftar Pemeriksaan Medis untuk Pria

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pada dewasa ini, kebutuhan akan kesehatan semakin diperlukan. Tidak hanya wanita namun juga pria membutuhkan beberapa pemeriksaan untuk menjaga kesehatannya. Pemeriksaan secara rutin merupakan upaya deteksi dini terhadap penyakit dan sebagai upaya pencegahan terhadap berbagai masalah kesehatan.

Beberapa penyakit dapat menyerang di berbagai rentan usia dan menimbulkan tanda gejala yang berbeda-beda. Pria dengan rentan usia diatas 30 dianjurkan untuk melakukan tes kesehatan secara rutin. Dalam mencegah timbulnya penyakit yang semakin parah, maka dibutuhkan beberapa pemeriksaan yang perlu dilakukan pria agar menjaga tubuh tetap terpelihara diantaranya:

  1. Pemeriksaan Tekanan Darah

Pengaruh bertambahnya usia, gaya hidup yang tidak sehat dan faktor keturunan menambah resiko terjadinya tekanan darah tinggi. Dampak yang lebih buruk akan terjadi komplikasi seperti aneurisma atau pelebaran pembuluh darah arteri, gangguan jantung, stroke dan gagal ginjal dan cara mencegahnya disarankan untuk melakukan pengecekan tekanan darah rutin dan berkala.

  1. Pemeriksaan Kolesterol

Untuk mengetahui ada tidaknya kolesterol perlu dilakukan pemeriksaan darah. Walaupun pemeriksan ini biasanya dilakukan pada usia diatas 45 tahun, namun dokter menganjurkan untuk melakukan pada usia 30 tahun. Karena pemeriksaan lebih awal dapat mendeteksi secara dini resiko terkena diabetes. Jika tidak segera ditangani kondisi dapat menimbulkan serangan stroke dan keluhan jantung. Faktor pemicu kolesterol diantaranya pria dengan kebiasaan merokok perlu untuk melakukan cek kolesterol sejak dini.

  1. Pemeriksaan Diabetes

Untuk mendeteksi adanya diabetes dapat dilakukan pemeriksaan gula darah puasa, tes toleransi glukosa dan HbA1C. Deteksi penyakit diabetes yang terlambat akan memicu keadaan yang lebih buruk seperti gangguan jantung, stroke, gangguan ginjal, kerusakan saraf dan impotensi. Anda dapat melakukan pemeriksaan pada usia diatas 30 tahun untuk mencegah dari penyakit diabetes.

  1. Pemeriksaan HIV

Tes ini menjadi perlu dilakukan mulai saat sebelum menikah ataupun setelah menikah. Pola hubungan seksual yang tidak aman, berganti-ganti pasangan seksual dan bergantian jarum suntik memicu resiko yang lebih besar terkena penyakit HIV. Orang yang beresiko ataupun tidak terkena HIV tetap harus melakukan pemeriksaan untuk mengetahui kondisi kesehatan anda sejak dini. Pemeriksaan ini dilakukan minimal 1 tahun sekali.

  1. Pemeriksaan Prostat

Kanker prostat merupakan masalah serius yang terjadi pada pria. Pria usia produktif ataupun yang telah berusia lanjut diannjurkan untuk melakukan tes ini. Tes ini dilakukan dengan metode pemeriksaan PSA (Prostate Spesific Antigen Test) atau colok dubur yang berguna untuk menilai kesehatan prostat.

  1. Pemeriksaan Testis

Pria beresiko tinggi terkena kanker testis atau kanker buah zakar. Sebagian besar kasus terjadi pada pria dengan rentan usia 20-54 tahun. Hal inilah mengapa pemeriksaan ini menjadi sangat penting untuk dilakukan dengan dokter. Anda dapat berkonsultasi mengenai apa saja pemeriksaan yang perlu dilakukan.

  1. Pemeriksaan Kulit

Tidak hanya wanita, pria membutuhkan pemeriksaan kulit karena pria 2 kali lebih beresiko terhadap penyakit kanker kulit atau melanoma. Paparan sinar matahari yang berlebih menjadi pemicu dari kanker kulit. Pria dengan pekerjaan lapangan dan intensitas terpapar sinar matahari lebih sering maka resiko terjadinya kanker kulit semakin besar. Anda dapat melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kulit secara teratur untuk mencegah dari penyakit kanker kulit.

Demikianlah 7 pemeriksaan medis yang perlu dilakukan oleh pria sebagai upaya pencegahan dan deteksi dini dari penyakit. Tingginya kesadaran anda untuk melakukan pemeriksaan kesehatan, semakin besar anda terhindar dari berbagai penyakit. (MLD)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here