7 Gejala Awal pada Laki-laki yang Terserang HIV

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah jenis virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia.  Virus HIV dapat masuk ke dalam tubuh kita melalui kontak cairan dengan penderita HIV. Adapun penularan yang sering terjadi pada laki-laki yaitu melalui hubungan seks bebas atau sering bergonta-ganti pasangan dan penggunaan jarum suntik bersamaan (pemakaian narkoba).

Saat virus masuk ke dalam tubuh seseorang, maka dapat berakibat pada penurunan sistem imun hingga orang tersebut menjadi mudah terserang penyakit. Namun, tidak selalu setiap orang yang terinfeksi HIV akan menunjukkan tanda dan gejala-gejala yang khas. Hal ini membuat kebanyakan masyarakat umum tidak mengetahui gejala-gejala yang muncul saat seseorang terinfeksi HIV.

Gejala-gejala seseorang terserang virus ini dapat terlihat setelah melewati masa inkubasi, yaitu sekitar 2-4 minggu. Saat pertama kali terinfeksi, seseorang belum tentu langsung merasakan gejala-gejala akibat virus HIV. Bahkan jika ada dua orang pria yang terserang HIV secara bersamaan, waktu dan gejala-gejala yang timbul mungkin berbeda.

Berbagai penelitian telah dilakukan untuk menemukan obat yang bisa digunakan untuk mematikan virus HIV. Akan tetapi, setiap harinya virus HIV mengalami perkembangan. Strukturnya berubah-ubah sehingga obat yang tersedi saat ini hanya berfungsi untuk menekan pertumbuhan virus di dalam tubuh.

Perlu kita ketahui jika suatu penyakit yang berasal dari virus memang belum ada obatnya. Namun, langkah awal yang perlu kita lakukan adalah deteksi dini dengan mengenali gejala-gejala yang muncul pada kaum laki-laki yang terserang HIV. Hal ini dilakukan agar kita bisa memilih pengobatan yang tepat untuk menekan pertumuhan sel yang tidak normal di dalam tubuh akibat virus HIV.

Bagi kaum wanita yang merasa khawatir tertular virus HIV oleh kaum laki-laki, maka perlu mengetahui gejala-gejala awal pada laki-laki yang terserang virus HIV. Gejala-gejala awal yang dapat muncul yakni :

  1. Flu

Gejala awal yang dapat muncul yakni seperti terserang flu biasa, namun tidak kunjung sembuh dalam waktu yang lama.

  1. Demam

Seseorang dikatakan demam apabila sudah melewati suhu 37,5ºC jika diukur menggunakan termometer. Demam merupakan respon tubuh terhadap benda asing (virus HIV) yang masuk ke dalam tubuh, sebenarnya tubuh sedang berusaha melawan virus HIV sehingga muncul gejala demam.

  1. Ruam pada Kulit

Gejala lain yang lebih jelas adalah munculnya ruam pada kulit laki-laki yang baru terserang virus HIV. Ruam atau kemerahan pada kulit dapat terlihat di area tubuh seperti tangan, wajah, dan bagian-bagian yang lembab. Karena virus ini menyerang sistem kekebalan tubuh, maka respon yang timbul dari tubuh adalah seperti terkena alergi.

  1. Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan sebagai dampak dari flu yang berkepanjangan, sehingga saluran nafas dari laki-laki yang terserang HIV juga mengalami gangguan. Timbul rasa nyeri di area tenggorokan menjadi gejala yang khas yang harus diwaspadai.

  1. Sakit Kepala

Gejala awal ini juga sebagai gejala penyerta flu, kebanyakan penderita akan memiliki kebiasaan untuk menyendiri karena sakit kepala.

Gejala-gejala lain yang dapat muncul pada awal terinfeksi virus HIV adalah :

  1. Muncul keringat dingin saat malam hari
  2. Bisulan di daerah kelamin
  3. Sariawan dalam waktu yang lama
  4. Mual dan muntah
  5. Mudah lelah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here