7 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Mudik

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Salah satu tradisi menjelang Idul Fitri di Indonesia adalah mudik. Bila berencana mudik tahun ini, pastikan Anda sudah mempersiapkan beberapa hal agar mudik tetap nyaman dan lancar, terutama jika membawa serta anak-anak.

  • Dana

Mudik memerlukan dana yang cukup besar. Dana yang diperlukan tidah hanya terbatas pada biaya transportasi dan makan, tetapi juga termasuk oleh-oleh untuk keluarga yang dikunjungi dan biaya penginapan jika diperlukan. Agar tak terbebani oleh pengeluaran tersebut, cobalah untuk menyiapkan dana khusus jauh-jauh hari sebelum mudik.

  • Kondisi kendaraan

Bila Anda hendak mudik dengan membawa kendaraan, maka pastikan mobil dalam kondisi prima. Anda bisa juga mudik dengan membawa sepeda motor. Tapi, ini tidak dianjurkan. Sebaiknya mobil yang hendak dipakai untuk perjalanan jauh sudah menjalani pemeriksaaan di bengkel. Bila perlu, servis kendaraan sebelum dipakai untuk mudik. Ganti juga onderdil yang diperkirakan tak akan memadai atau rawan bagi keselamatan dalam perjalanan jauh.

  • Kondisi fisik

Sehari sebelum melakukan perjalanan, pastikan tubuh mendapatkan waktu istirahat yang cukup agar kondisi prima, terutama bagi Anda yang harus memegang kemudi. Jaga pula asupan saat sahur dan berbuka puasa dengan makanan bergizi agar tubuh tak rentan sakit. Usahakan untuk tidur malam enam sampai delapan jam agar Anda bisa terhindar dari rasa kantuk di perjalanan. Ini berlaku juga bila Anda berencana mudik menggunakan pesawat terbang, kereta api, bus, atau kapal laut.

  • Kondisi mental

Sebelum mudik, siapkan fisik dan mental Anda dan sekeluarga, terutama, jika jarak tempat tujuan mudik keluarga Anda cukup jauh. Kondisi kesehatan mental bisa mempengaruhi lancar tidaknya perjalanan mudik keluarga Anda.

  • Perlengkapan

Agar mudik nyaman dan lancar, jangan lupa siapkan semua perlengkapan yang diperlukan selama mudik di kampung halaman. Perlengkapan yang harus disiapkan di antaranya adalah pakaian ganti, pakaian hangat, perlengkapan mandi hingga obat-obatan pribadi. Perlengkapan ini bisa bertambah dengan membawa bekal makanan dari rumah.

  • Tak mendadak

Maksimal tiga hari sebelum keberangkatan, Anda sekeluarga harus sudah mempersiapkan semua kebutuhan perjalanan mudik, termasuk tiket, bekal, oleh-oleh dan sebagainya. Dengan begitu, satu hari sebelum keberangkatan bisa optimal dipakai untuk memastikan kecukupan istirahat dan kondisi badan tanpa direcoki persiapan yang belum selesai. Bagaimanapun, lebih baik bersiap dan melakukan antisipasi daripada sesuatu sudah terlanjur terjadi.

  • Pastikan keamanan rumah

Sebelum berangkat, biasakan untuk memeriksa kembali perlengkapan yang akan dibawa termasuk kondisi rumah. Kunci semua pintu dan jendela serta matikan semua perabotan elektronik dan keran air. Jika perlu, mintalah tolong pada tetangga terdekat yang kebetulan tidak mudik untuk memantau rumah Anda. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here